contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Ujian Belajar Bahasa Bekasi

banner

Sampai Sejauh Mana Pemahaman Anda Tentang Bahasa Betawi Bekasi?

Bekasi-online.com, 04 Jan 2023, 01:50 WIB

Kebanggaan Warga Bekasi, jalur urat nadi Kota Bekasi

BEKASI, bekasiOL -- Sebelum membahas tentang beberapa keunikan bahasa Betawi Bekasi atau bahasa bekasi yang sedikit banyaknya merupakan serapan bahasa Betawi, Sunda dan sedikit bahasa Jawa, silakan jawab dulu soal bahasa berikut untuk mengetahui skor pengetahuan Anda tentang bahasa Bekasi.


Komika bahas penanganan covid19

SOAL ULANGAN BAHASA BEKASI

1. Udah 2 taun Baba sering sesek napas, apalagi kalo abis kerja berat, napasnye langsung ngos-ngosan. Penyakit Baba disebut?

a. kudis         b. giduh  

c. bengek      d. ampeg


2. Pentil cecek disebut juga ...

a. beton        b. tai babal

c. tekokak    d. juwet


3. Bang Kucung marah banget ama anaknya, saking sewotnya, anaknya dibledig-bledig ampe nyubar ke empang. Dibledig-bledig artinya?

a. dibonggol        b. disrampang

c. dikejar-kejar   d. ditincras


4. Kali CBL aernya butek campur limbah pabrik, banyak ikan pada ...

a. nenggak       b. nelor 

c. ngengob       d. brenang


5. Bacaan di tulisan ini rada ora danta, jadi keliatannya ...

a. tipis-tipis     b. latap-latap

c. blepetan      d. acak-acakan


6. Sartim punya kebiasaan siang malem ora pernah make baju, segitunya mah dia rada kebal ama penyakit masuk angin. Kebiasaan si Sartim disebut ...

a. ngedakom    b. rungseb

c. ngaprak        d. mleding


7. Sinonim dari kata Bagenin adalah ...

a. Biarin                c. sokan

b. Begonoh           d. danta


8. Dulu dia ganteng tapi karang kagak pisan. Apa persamaan yang pas dari kagak pisan ...

a. ora                    c. kon iya

b. mblesek           d. jelek


9. Tiap ari orang pada ke sawah, gawean apah nyang kagak digawein orang di sawah?

a. ngegebot          c. macul

b. nandur             d. baca


10. Satoan nyang ada di sawah, kecuali ...

a. ula kadut        c. Leluwe

b. baya                d. encu


Selamet  ngejawab!


Jika Anda Kesulitan Menjawab Soal di Atas, Simak 13 Kosakata Sehari-hari Bahasa Bekasi, Ada Ciri Khas Sendiri.

Bekasi merupakan sebuah kota, yang sebagian besar penduduknya terdiri atas suku Sunda dan Suku Betawi. Oleh karena itu, bahasa yang sering digunakan oleh masyarakat Bekasi, adalah campuran bahasa Betawi, Sunda, bahkan bahasa Jawa. 

Walaupun menggunakan bahasa campuran, Bekasi juga memiliki ragam kosakata yang menjadi ciri khas dari masyarakatnya. Berikut ini merupakan sepuluh kosakata sehari-hari yang jadi ciri khas masyarakat Bekasi. Penasaran apa saja? Yuk, disimak!

1. Bagen

Kata bagen sama artinya dengan kata biarin. Kata ini juga dapat menunjukan rasa ketidakpedulian. Contoh dari pemakaian kata bagen, yakni "bagenin aja!" artinya "biarin aja!" atau biarkan saja. 

2. Ilok

Kata ilok sering digunakan untuk mengungkapkan bentuk ketidakpercayaan. Namun ilok sendiri artinya "bagus". Dalam bahasa Indonesia, kata ini mengalami penambahan makna yang sama artinya dengan kata "masa, sih?" "serius?" "masa, iya?". Contoh penggunaan kata ini, yaitu "Ilok lu gak cayaan sama gue?" yang artinya "masa sih, lu gak percaya sama gue" atau "Bagus ya, kamu gak percaya dengan saya!?"

3. Danta

Dalam bahasa Indonesia, Danta artinya jelas. Kata ini, biasa ditambahkan dengan kata 'engga' sehingga menjadi 'gadanta'. Contoh kalimat dengan pemakaian kata ini, yaitu "Apaan sih, gadanta lu!" artinya "Apaan sih, gajelas lu!". 

4. Bae

Kata bae sering ditemukan dalam kalimat berbahasa Jawa dan bahasa Sunda. Kata bae, merupakan sinonim dari kata wae yang artinya 'aja'. Contoh penggunaan kata tersebut, "Diem, Jangan ngomong bae!" artinya "Diem, jangan ngomong aja!"

5. Jember

Kata jember dapat dijumpai dalam bahasa Jawa atau nama satu kota di Jawa Timur. Namun dalam bahasa Betawi Bekasi kata tersebut menggambarkan keadaan kotor, berantakan, tidak rapih, jorok, dsb.

Begitu pula di Bekasi, kata Jember  juga digunakan ketika melihat suatu yang jorok, kotor, atau menjijikan. Contoh kalimat yang sering digunakan saat menggunakan kata ini, yaitu "Jember banget kamar lu!" artinya " Jorok banget kamar lu!".

Contoh percakapan:

A : Yakin mau ke wisuda pacar lu begini dandanannya? (Yakin mau ke wisuda pacar kamu begini dandannya?)

B : Emang kenapa?

A : Dandanan elu ketebalan, jember bener muke lu! ( Dandanan kamu ketebalan, jelek banget muka kamu!)


Penganten Mempelai Wanita khas Bekasi


6. Goroh

Kata goroh memiliki makna bohong dalam bahasa Indonesia. Kata ini merupakan bentuk ketidakpercayaan seseorang terhadap suatu hal. Contoh penggunaan kata goroh, yakni "Jangan goroh bae, lu!" artinya "jangan bohong aja, lu!".

7. Antepin

Kata antepin merupakan kata dalam bahasa Betawi, yang artinya adalah diemin atau diamkan. Makna dari kata ini, hampir sama dengan kata bagenin. Kalimat yang biasa diucapkan ketika menggunakan kata ini, adalah "antepin aja, ntar juga capek sendiri" dalam bahasa Indonesia, artinya "diemin aja, nanti juga capek sendiri".

8. Nanan

Kata nanan masih memiliki makna yang hampir sama dengan kata bagenin dan antepin, yang artinya adalah bodo amat.  Kata tersebut digunakan untuk menyatakan bentuk ketidakpedulian.
Contoh penggunaan kata nanan yang sering terdengar, yakni "Nanan ah, bukan urusan gue" Artinya "bodo amat ah, bukan urusan gue".

9. Awang

Bagi masyarakat Bekasi, kata awang memiliki arti malas. Kata tersebut dapat menyatakan kondisi seseorang yang sedang tak ingin melakukan suatu hal. Contoh kalimat yang menggunakan kata awang, yaitu "awang ah gue pergi ke pasar" artinya "malas, ah gue pergi ke pasar."

10. Gegares

Masyarakat Bekasi, sering menggunakan kata "gegares" untuk menyatakan kondisi makan yang sangat banyak dan terus menerus-menerus. Kata ini biasa ditujukan ketika melihat seseorang yang sedang menyantap makanan yang banyak.

Contoh penggunaan kata ini, yaitu "Dari tadi gegares aja lu" artinya sama dengan "Dari tadi makan aja lu".

11. Mindo

Bagi sebagian besar orang, khususnya orang Sunda serta orang Jawa, kata mindo ini artinya kedua (yang kedua), nih. Akan tetapi pada bahasa Betawi, kata mindo bermakna makannya nambah terus, lho.

Contoh percakapan:

A : Masih laper nih gue (Masih lapar nih saya)

B : Yaudah mindo gih, masih banyak nasi sama lauknye tuh (Yaudah nambah makan sana, masih banyak nasi sama lauknya) 

12. Berak

Terkenal dengan arti membuang kotoran, ternyata kata berak dalam bahasa Betawi tak seperti bayanganmu itu, nih. Dimana kata berak ini berartikan bohong atau ngebual dalam bahasa Betawi Bekasi, dan lebih kasar daripada makna kata goroh.

Contoh percakapan:

A : Eh kayaknya pacar gue emang beneran gak selingkuh deh (Eh kayaknya pacar saya memang benar tidak selingkuh deh)

B : Ya elu mau aje diberakin sama die! (Ya kamu mau aja dibohongin sama dia!)

13. Baca

Pasti yang terbayang adalah aktivitas membaca, ya? Dimana kata baca pada bahasa Betawi Bekasi artinya ngomongin, mengejek, meledek atau ngecengin orang tapi orangnya ada di tempat, lho.

Lebih lanjutnya kata baca ini dalam pengucapannya ialah bace karena orang Betawi rata-rata suka mengganti huruf A jadi E, nih. Tapi orang Bekasi lebih sering gunakan kata bacain dibandingkan kata BACE atau BACA.

Contoh percakapan:

A : Elu (C) kemarin grogi amat deket si Irma (Kamu kemarin gerogi banget dekat si Irma)

B : Iyelah orang die (C) salting tuh! (Iyalah orang dia salah tingkah tuh!)

C : Bacain terus, bacain terus! (Ledekin terus, ledekin terus)


Nah, itu dia tigabelas kosakata bahasa Betawi Bekasi yang sering digunakan sehari-hari. Dari beberapa kosakata di atas, mana yang pernah kamu dengar?


Kutipan artikel dari berbagai sumber.

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner