contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Ronny Hermawan, SH. Sesalkan Adanya Buddha Bar di Teuku Umar Jakarta

banner

BuddhaBar, Dinilai Lecehkan Agama Buddha Namun Meski Protes dengan Adanya Kasus Ini, FABB Berterimakasih

bekasi-online.com, Senin, 6 Oktober 2008 12:46 WIB by: DikRizal

Buddha Bar Jakarta di Jalan Teuku Umar No.1, Jakarta Pusat


JAKARTA, bksOL - Berikut pembahasan artikel sebuah media online Senatus.net dalam bahasa Inggris dengan terjemahannya tentang Buddha Bar, yang baru saja dibuka di Jakarta, Jln. Teuku Umar No.1, Jakarta Pusat.

JAKARTA The vibrant Indonesian capital is the first city in Asia to host the famous Parisian-originated Buddha Bar.

JAKARTA, ibukota Indonesia yang penuh nuansa warna adalah kota pertama di Asia yang menjadi tuan rumah bagi usaha resto terkenal asli orang Paris, Buddha Bar.

Raymond Visan open the first Buddha Bar in Paris in 1996, and it still is one of the very few must see and be seen world known venue. After London, New York, Dubai, Sao Paulo, Kiev, Cairo and Beirut, the Buddha Bar experience can be now appreciated in the Indonesian capital of Jakarta.

Raymond Visan membuka Buddha Bar pertamanya di Paris tahun 1996, dan masih menjadi salah satu venue yang harus dikunjungi di dunia. Setelah London, New York, Dubai, Sao Paulo, Kiev, Kairo dan Beirut, suasana Buddha Bar kini bisa dirasakan experience can be now appreciated di ibukota Indonesia, Jakarta.


The beautiful exterior décor is inspired by authentic Javanese and Colonial style in the antique period of time and it strikes a stunning vision of a classical structure of a giant ancient palace, providing an impressive façade against the understated Teuku Umar setting.

Indahnya dekorasi eksterior terinspirasi oleh gaya otentik budaya Jawa dan kolonial di masa periode antik, dan menyeruak pandangan hingga mempesonakan dari struktur klasik tempat lawas berukuran raksasa, menghasilkan penampakan bagian depan gedung yang impresif berbeda dengan setting lingkungan di Teuku Umar.


The interior décor is inspired by an Asian temple, with Portuguese mosaic touch, colonial style mahogany furniture, ancient artifacts, antiq sculptures and elegantly trimmed light fittings, presenting a lush and intimate mood for the crème de la crème of Jakarta’s high society.

Sedangkan dekorasi interior terinspirasi oleh klenteng atau vihara Asia, dengan sentuhan mozaik ala Portugis, perabotan mahogani bergaya kolonial, artifak kuno, ukiran patung antik dan penyesuaian cahaya yang elegan, menyajikan mood intim dan mesra bagi the crème de la crème, strata masyarakat kelas atas Jakarta.

Namun penggambaran itu tidak.bisa mempengaruhi banyak warga masyarakat di Jakarta yang meresponnya secara negatif.

Menyikapi komentar-komentar provokatif yang ada di media massa dan online, maka perlu dilampirkan klarifikasi pemberitaan tentang Buddha Bar dari penerbitan yang kelak akan datang di kemudian hari dan kutipannya seperti artikel berikut di bawah ini.

(Bersambung...)

Seperti dilansir media beritabaru.com, adanya pelecehan agama Buddha, yang berkedok sebagai Buddha Bar di Jalan Teuku Umar No. 1, Jakarta mendapat respon yang cukup menantang dari sebagian pengikut agama ini (3/3/2009).


Ronny Hermawan, Ketua Umum Pemuda Buddhis Indonesia. 3/3/2009 (foto:Ist.PrivateColl)

Ketua Umum Pemuda Buddhis Indonesia, Ronny Hermawan menyampaikan penyesalannya di Gedung PD Muhammadiyah, Jakarta.


Menurut Ronny, bila ada pihak-pihak yang tidak setuju dengan adanya Buddha Bar ini silahkan ajukan saja secara hukum.

"Lakukan tinjauan dua sisi, kalau ada persoalan yang berkaitan dengan merek dagang, persoalan ijin, silahkan digugat. Sebab pengadilan lah yang mengurusi hal itu," tegas Ronny, Jakarta, Selasa (3/3/2009).

Baca juga: Jadi Korban Kampanye Hitam Pilkada 2004, Awing Asmawi & Ronny Hermawan Cuek, Hoaxnya Berbau SARA


Selain itu Ronny juga menghimbau, agar segenap pemuda dan pengikut Buddha jangan terprovokasi oleh pelecehan yang terjadi ini. "Saya anjurkan kepada seluruh generasi muda Buddhis Indonesia untuk sekarang ini kita jernih, kita konsentrasi pada ajaran sang Buddha," ujarnya.


Ronny Hermawan, SH juga meminta, agar masalah ini jangan dibawa ke masalah politis. "Kasihan umat Buddha yang cuma sedikit ini harus ditarik-tarik kesana kemari," tegas Ronny.

Sedangkan Bhikkhu Anando Aggadipo menjelaskan, umat Buddha tidak perlu marah terhadap pihak-pihak yang melecehkan Buddha. "Ketika suatu saat ada yang mencacimaki Buddha, menghina dharma. Kita tidak boleh membenci dan tidak boleh marah," tegas Aggadipo.

Bhikkhu Anando Aggadipo (Andri Budianto, S.Pd.,CHt)


Kita di sini, lanjut sang Bhikkhu, tidak ingin menghalangi orang yang ingin usaha atau bisnis. Tapi tolong, kata Buddha dan patung serta simbol-simbol yang kami hormati jangan dilecehkan. Bahkan Aggadipo menambahkan, masih banyak kata yang juga cukup baik yang dapat digunakan.


"Kami hanya minta tolong, kepada pemiliknya, tolong, kata Buddha dan patung-patung Buddha baik yang besar maupun yang kecil. Patung-patung yang lain kan banyak," tambah sang Bhikkhu yang mempunyai nama asli, Andri Budianto, S.Pd.,CHt ini kepada wartawan.

Meskipun protes, Forum Anti Buddha Bar (FABB) mengucapkan terima kasih atas dibukanya tempat hiburan malam dengan nama Buddha Bar, menurut mereka hal tersebut justru akan membuat mereka semakin solid.


Daniel Johan, SE. Anggota FABB dan juga Direktur Utama
PT. Harsco Nusantara, di Jakarta 21/3/2009.


"Kami berterima kasih atas berdirinya Buddha Bar, dengan adanya Buddha Bar membuat umat Budha semakin Solid," ujar anggota FABB, Daniel Johan saat kongkow bareng Gusdur di Jakarta, Sabtu (21/3/2009).

Lanjutnya, atas peristiwa tersebut diharapkan dalam suasana jelang pemilihan umum 2009 aspirasi umat Buddha dapat diperhatikan.


"Hampir tidak pernah ada isu-isu seperti ini, selama ini kita damai-damai saja, mudah-mudahan jelang pemilu aspirasi kami dapat diperhatikan," harap Daniel Johan, SE yang akan jadi bacaleg dari PKB ini kepada wartawan.

Pendapat senada juga diutarakan oleh Ketua FABB, Kevin Wu, menurutnya dalam mengatasi masalah seperti ini, umat Buddha akan menggunakan cara-cara yang wajar saja dan lebih santun.

Kevin Wu, ketua FABB, penulis dan pengusaha muda. (Foto: tagar.id)

Lebih jauh Ketua FABB, Kevin Wu, yang juga seorang penulis ini menambahkan,


"Permasalahan ini akan kami tempuh dengan cara yang wajar-wajar saja," ujar Kevin Wu sang pengusaha muda ini kepada awak media.

Sementara itu, pendapat keras justru dilontarkan oleh mantan Presiden RI, KH. Abdurahman Wahid, ia mengatakan bahwa kasus berdirinya Buddha Bar diduga ada kepentingan lain yang ingin bermain dalam peristiwa tersebut.


GusDur mantan presiden RI 1999-2001.(Foto: Getty Images)

"Ada upaya untuk memasukkan Islam disitu kita harus hati-hati menanggapinya," ujar Gus Dur.

Menurutnya, kasus Buddha Bar yang menimbulkan kontroversial seharusnya tidak diperbolehkan, lantaran sudah memasukkan unsur yang sangat fundamental yaitu segi agama.


"Jangan campur adukkan unsur yang fundamental dengan hal yang berbau komersialitas, upaya untuk memakai lambang-lambang agama maka itu tidak diperbolehkan," jelasnya.

Selain itu, Gus Dur juga mengatakan dalam kaitannya dengan kasus Buddha Bar ada unsur keterlibatan Polisi di dalamnya. "Orang dibunuh saja diam saat ini kita semua menjadi korban dari arogansi Polri," tegasnya.


Di lain kesempatan Gus Dur pernah bercanda "Nah, Polri memang sudah lama menjadi praktik kurang bener itu, sampai guyonan-nya kan hanya ada tiga polisi yang jujur: Pak Hoegeng (Kapolri 1968-1971), patung polisi, dan polisi tidur... hehehe...," demikian kata Gus Dur.

Ditegaskan Gus Dur, seharusnya sebelum kejadian ini terjadi Polisi sebagai aparat penegak hukum sudah bertindak sebelum kejadian terjadi.


"Kalau atasan belum memerintahkan belum bergerak, sebelum kejadian terjadi harusnya sudah mengetahui, semuanya hanya sekedar arogansi birokrasi," tegasnya.


Dalam hal ini Gusdur pun memberikan saran dan masukkan agar nama Buddha Bar diganti dengan nama yang lain.

"Ganti merk saja, nggak boleh itu pakai nama seperti itu" tandasnya. [■]

Kontributor: SetioHutomo, MelaniusPuspo, Aryananda, WillyWidianto
Redaksi: DikRizal

12 Comments

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

  1. Salam sukses selalu untuk Ronny Kurniawan, SH.
    Semoga berhasil, kami pemuda Bekasi selalu mendukung penuh atas perjuangan yang sudah engkau lakukan untuk masyarakat Kota Bekasi. Terimakasih atas segalanya yg sudah di berikan untuk masyarakat besar di kota Bekasi, Bantuan dan partisipasinya yg telah di berikan denagn tulus, semoga sll berguna untuk masyarakat.
    Maju terus !!!!!
    jgn pernah Menyerah....
    Good Luck

    by.R-K, Bekasi

    ReplyDelete
  2. AYoooo... kita dukung penuh Bang Ronny, semoga sukses dalam pemilihan Caleg DPRD II kota Bekasi.

    "kalah adalah KEBERHASILAN yang tertunda"

    ReplyDelete
  3. Ga Salah nih milih Bang RONNY, Beliaukan termasuk Caleg yang terlibat penghianatan terhadap Hukum di Indonesia dan Umat Buddha... Beliaukan terlibat pengurusan izin Buddha Bar yang terletak di Jl. Teuku Umar No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, dari keterlibatan andakan dapat membuktikan bahwa anda tidak dapat mempersatukan umat beragama, mo ngapain jadi caleg MALU... MALUIN...
    Dibayar berapa sih Bang Ronny? Kok bisa jual nama AGAMA ANDA?
    Duh Bang Ronny... Bang Ronny...

    by Y-S-L-M, Bekasi

    ReplyDelete
  4. Selamat yah Bpk Ronny Hermawan, SH, yang telah menyandang gelar PENGHIANAT UMAT BUDDHA. Untuk semua warga Bekasi jangan pilih CALEG yang bernama Ronny Hermawan, SH ini. Dia sudah menghianati Umat Buddha, bagaimana dengan bangsa Indonesia pasti satu saat akan DIHIANATI.
    JANGAN PILIH RONNY HERMAWAN, SH!!!

    BY: GEMABUDHI (GEMBONG MAFIA BUDDHIS INDONESIA), DPC BEKASI

    ReplyDelete
  5. Selamat yah Bpk Ronny Hermawan, SH, yang telah menyandang gelar PENGHIANAT UMAT BUDDHA. Untuk semua warga Bekasi jangan pilih CALEG yang bernama Ronny Hermawan, SH ini. Dia sudah menghianati Umat Buddha, bagaimana dengan bangsa Indonesia pasti satu saat akan DIHIANATI.
    JANGAN PILIH RONNY HERMAWAN, SH!!!

    BY: GEMABUDHI (GEMBONG MAFIA BUDDHIS INDONESIA), DPC BEKASI

    ReplyDelete
  6. MAJU TERUS BANG RONNY, walaupun saya belum kenal dengan Bang Ronny, saya yakin beliau bisa menjadi pemimpin yg baik.biarkan orang itu mengonggong...itu adalah salah satu orang yang iri hati, ataupun tanda tak mampu.
    saya dan teman2, selalu terus mendukung, karna Bang Ronny sdh terbukti memberikan sikap yang baik untuk warga, kita terus pantau kegiatan beliau yang sangat mulia.

    KRITIK UNTUK GEMBONG.

    YANG GEMBONG ITU KAMU, BERANINYA NGOMONG DI BELAKAN, KALAU KAMU MERSA BENARM KAMU BERI NAMA JELAS DAN ALAMAT,biar Bang Rony bisa menerima Kritikannya.
    saya sangat tidak setuu dengan cara anda, pembunuhan karakter, ada hukumnya.
    jangan bilang orang tidak pantas, anda sendiri pengecut, tidak berani berbicara di depan orang, anda lebih malu2in, DASAR PENGECUT, MULUT BAU,

    walau saya belum kenal dekat Bang Ronny, saya yakin beliau tdk seperti itu, siapapun Calegnya di BEKASI< kami terus pantau dan dukung penuh, demi Rakyat.

    BUKAN SEPERTI ANDA YANG BERNI JELEK2IN ORANG AJA, KARNA ITU HANYA KUMAN DALAM NEGARA INI. ( BUAT GEMBONG MAFIA, Y-S-L-M)
    ITU HANYA KRITIK PENGECUT,


    MAJUU TERUS BANG RONNY HERMAWAN, UNTUK KOTA BEKASI.

    BY, PSIKOLOG.ORG

    ReplyDelete
  7. saya akan selidiki,
    orang2 ini yg melakukan pembunuhan karakter,
    mungkin dia GILA yaa...
    harus belajar banyak dengan kami.


    UNTUK SELURUH RAKYAT, WARGA BEKASI, JANGAN BIARKAN ORANG INI MENJADI PEMECAH BELAH KOTA INI, KRITIK GEMBONG ( MAFIA DAN Y-S-M-L ) ITU HANYA SEORANG PENGECUT.TIDAK PUNYA MORAL YANG BAIK.


    MARIII KITA DUKUNG TERUS BANG RONNY, SERTA CALEG LAINNYA.))))))


    INGAT GEMBONG MAFIA DAN Y-S-M-L kalau berani ...tulis nama anda dengan jelas serta alamat, itu baru seorang yang JUJUR dan berani, Orang berpendidikan, jangan nagku sebagai orang terdidik, tapi kata2nya sangat kotor, dan hanya provokator

    ReplyDelete
  8. Cari aja, gue ada dimana-mana termasuk di rumah anda..... kalo anda benar JANGAN TAKUT..... HADAPI SAYA..... apa perlu gue sebar foto RONNY HERMAWAN YANG SEDANG MENELPON DI BUDDHA BAR bersama KAWAN-KAWAN GEMABUDHInya.... Hati-hati anda saya punya bukti kuat yah.... Jika anda pro terhadap apa yang telah dilakukan Bang Ronny berarti anda menghadapi masalah besar. Berarti anda telah membunuh karakter rakyat Indonesia. ANDA TAU??? Anda yang akan saya cari.....

    ReplyDelete
  9. Hei Spikolog.org seharusnya psikolog.org goblok...
    Spikolog.org adalah SEORANG PENGHIANAT BANGA YANG PANTESNYA PAKE ROK, KARENA PENGECUT, KEBIRI AJA TUH ALAT VITAL LOE.
    RONNY HERMAWAN HARUS KALAH KARENA BUAT MALU DENGAN MENISTA/MENODAI KEPERCAYAAN BANGSA, AGAMA DAN NEGARA. PANTAS JUGA DIA DISEBUT PENGHIANAT BANGSA DAN AGAMA...
    HEI SPIKOLOG.ORG KAPAN LOE MAU CARI GUE??? ATO GUE CARI LOE??? BAJINGAN LOE... LOE MAU KETEMU DIMANA??? BEKASI??? DIMANA???
    NASRUL, PDIP

    ReplyDelete
  10. Klo Gw mati, gw ga tau msk surga apa neraka. Tp klo Ronny Hermawan, Budiman Sudharma, dan Dedengkotnya mereka, si Bangsat Lieus Sungkarisma pd mati, Gw tau dan Yakin se-yakin2nya mreka ber-3 akan terlahir Di ALAM NERAKA JAHANAM YG PALING DALAM !!! Krn mreka PENGHIANAT AGAMA SENDIRI, PENJUAL HARKAT MARTABAT KEHORMATAN GURU AGUNG SENDIRI DENGAN IMBALAN UANG !!! Sejak awal mreka adlh Pembela dan Pendukung BUDDHA BAR, dgn Konspirasi dan Manipulasi licik, mengeluarkn 3 Surat rekomendasi FIKTIF yg ngakunya dr Forum Komunikasi Umat Buddha DKI Jakarta, DPD Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia Majabumi DKI Jakarta, dan DPD Generasi Muda Buddhis Indonesia. WHY Fiktif ??? Krn ke 3 Organisai tsb DEMISIONER dan ditanda tgni o/ Org yg sama yaitu : Budiman Sudharma !!! Hanya Org2 yg bodoh & Tolol yg MILIH si Ronny Hermawan sbg Caleg DPRD krn Modal Nyalegnya pasti dari duitnya Boss BUDDHA BAR. Dan lg siapa yg mo percaya sm si Ronny Hermawan sbg Caleg, Klo Agamanya dan Kehormatan Guru Agungnya sendiri aja di HIANATI DEMI UANG !!! Tp Ga heran klo si Ronny Hermawan bela BUDDHA BAR krn sbg org yg ngakunya tokoh agama, DIA sendiri Usahanya Punya BAR Di Bekasi. Tokoh agama Maksiat & Penipu...!!! Ronny Hermawan, Budiman Sudharma, dan Dedengkotnya mereka, si Bangsat Lieus Sungkarisma TIDAK AKAN MENANG LAWAN KEBENARAN ! SEMUA UMAT BUDDHA DI INDONESIA SUDAH TAU SIAPA MEREKA !!!

    ReplyDelete
  11. Situs ini dibuat bukan untuk saling mencerca... harap saudara-saudara tidak saling mencerca... Situs Blogs Saya adalah situs Profil (Menceritakan segala hal positif tentang tokoh masyarakat... Kalau ada hal yang bersifat uneg-uneg saya sarankan jangan lakukan di situs blogs ini... Saya sarankan anda semua tidak melakukan hal-hal yang tidak etis.. Pis men...! Ada tempatnya tapi bukan di sini!

    ReplyDelete
  12. Buat para penghujat... pada kenyataannya, Demokrat menang di wilayah Bekasi Timur... dan itu adalah suara untuk Ronny Hermawan dan Abadi Ika Setiawan. Jadi harap berhati-hati anda dalam berkomentar, karena blogs ini diawasi bukan saja oleh kami, pihak instansi Aparat Hukum Pemerintah Indonesia. Tapi juga oleh dunia, seperti Kedubes Amerika Serikat (dan ini pasti jadi pertimbangan politis serta intelijen mereka). Kalau Anda menghujat sesama saudara sebangsa... berarti Anda telah melakukan pembunuhan karakter terhadap saudara Anda sendiri. Hujatan anda kepada caleg Ronny Hermawan tidaklah tepat dan sangat provokatif karena sepertinya informasi terakhir dia sudah mendapatkan suara untuk dua kursi buat partainya. Karena ia sudah membuktikan apa yang anda hujatkan tidaklah mendapatkan dukungan dari para pemilihnya di Kota Bekasi.

    Ingat ini adalah ajang terbuka yang dilihat seluruh mata dunia. Kalau Anda mau berfikir arif, jangan menghujat di situs blogs kami...! Dan bersifatlah terbuka... cantumkan alamat blogs anda yang bisa diakses atau no. telp anda seperti kami, agar tidak menimbulkan fitnah. Harap semuanya maklum dan berkepala dingin. Jangan terbawa emosi yang menyebabkan perpecahan bangsa ini.

    Anda saya beri satu kesempatan komentar yang mendamaikan dan mengembalikan suasana di blogs ini secara transparan, adil dan demokratis. Black campaign bukanlah pekerjaan dan tindakan orang yang mengaku dirinya beriman. Harap kita semua bersabar dan menahan diri untuk tidak emosi. Kesatuan dan persatuan serta perdamaian jauh lebih utama dari sekadar emosi kelompok dan kepentingan kelompok sesaat.

    Terima kasih atas pengertian dan kesabaran anda untuk mau bertindak arif.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

Previous Post Next Post
banner