contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Pentingnya Konsolidasi Langsung ke Jaringan Publik di Akar Rumput

banner

Caleg Apapun Levelnya Bangun Komunikasi dengan Simpul Jaringan Masyarakat yang Harus Ada Sebelum Masa Kampanye Terbuka

bekasi-online.com, Jumat 16 Juni 2023, 19:45 WIB, DikRizal


Caleg Golkar untuk DPR RI Jabar VI, dapil Kota Depok & Kota Bekasi, Steven Izaac Risakotta berkonsolidasi dengan timses dan jaringan relawan pendukungnya mengatur strategi kampanye total, di Grand Galaxy City, Jumat 16/6/23 (Foto:DikRizal)


GRAND GALAXY, bksOL -- Kesadaran elit politik saat jelang masa kampanye 2024 kali ini semakin menajam dan terasah daripada pemilu-pemilu sebelumnya. Praktik sosialisasi calon wakil rakyat baik DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota maupun Kabupaten hingga calon DPD ke tengah masyarakat, sebelumnya biasa dilakukan jelang akhir masa kampanye juga tanpa rencana strategis jauh hari sebelum masuk masa kampanye.


Baca juga: Disbud Pemprov DKI Adakan Standup Comedy Contest dengan PaSKI DKI Jakarta, Betawi SATU Foundation & Standupindo di Bens Zone Jagakarsa


Dan parahnya, pada akhirnya dengan berbagai cara dihalalkan agar bisa dilakukan hanya ketika menjelang akhir masa kampanye. Padahal itu adalah kesalahan fatal yang sangat merusak etika berpolitik.


Dimana hal itu dilakukan dengan alasan kepepet padahal sangat berisiko melanggar aturan KPU serta kena tangkap Bawaslu, namun masih saja sebagian besar politisi menganggap itu adalah cara akhir paling efektif & instan mengubah paradigma warga masyarakat bawah untuk berpihak kepada dirinya dan sangat dimungkinkan mau memilih mereka saat pencoblosan di dalam bilik suara.


Inilah yang disebut politik berbiaya mahal dan penuh intrik yang sangat amat terlarang dan sering disebut dengan istilah Operasi Serangan Fajar, dalam tanda kutip.


Komika bahas penanganan covid19


Baca juga: Video Standup Comedy buat Capres paling Ngetop SeJateng & SeJatim 


Cara seperti ini bukan saja mencederai demokrasi itu sendiri, namun secara tidak langsung politisi ini tega dan berani melakukan PEMBODOHAN PUBLIK.

Elit Politik seperti itu telah membuat sampah logika di benak publik, bahwa wakil rakyat yang pantas dipilih harus berikan sumbangan uang atau sembako kepada mereka sebagai rakyat tentunya dengan imbal balik mereka harus berikan suaranya. Apapun itu namanya, pesta demokrasi jadi sangat menjijikkan.

Politisi yang bijak dan cerdas tak akan melakukan hal keji dan kotor seperti itu. Karena secara tak langsung tanpa disadarinya politisi seperti ini telah menanamkan paham materialistik kepada masyarakat awam dan rakyat kecil.

Politisi yang baik, bersih dan bijak pasti lebih memilih akan melakukan konsolidasi secara cermat dan sistematik terencana jauh hari menjelang masa kampanye tiba.

Memperhatikan target konstituen yang akan dijuju, lalu fokus memberikan gambaran jelas program apa yang paling cocok buat kampanye total dan bersinergi dengan simpul jaring relawan yang sudah dibinanya.

Baca juga: Yuk ikutan Polling ke-2 Mengetahui Siapa Calon Walikota Bekasi 2024?

  Langsung klik link foto berikut:  
Tentukan Walikota pilihan yang Anda kenal untuk kebaikan Kota Bekasi


Baca juga: Masa Jabatan Plt Walikota Bekasi, Trie Adhianto Akan Berakhir 20 Sep 2023 Besok Bareng 15 Kepala Daerah Lainnya


Berikut ini bksOL melakukan wawancara langsung dengan beberapa caleg tentang pentingnya konsolidasi dengan jaringan simpul relawan yang bersentuhan dengan akar rumput.

Seperti caleg DPR RI dari PKS untuk dapil Jakarta I, Dr. H. Mardani M. Eng yang lebih dikenal dengan nama populer Mardani Ali Sera ini jauh-jauh hari sudah membangun konsolidasi dengan simpul jaringan relawan yang ada di dapilnya Jakarta Timur.

Bahkan dia merencanakan akan membuat gebrakan sosialisasi dengan jaringan yang sudah dia kelola beberapa periode kampanye sebelumnya.

Pada pemilu 2024 mendatang dia merencanakan sebuah cara pedekatan khusus kepada para milenial, dimana kini jumlahnya sebagai calon pemilih yang paling signifikan dari kalangan mahasiswa maupun lulusan SMA.


"Para milenial ini memang cyber media oriented," ungkap Bang Mardani lewat pembicaraan WA dengan bksOL pada 14/6/23 lalu.

 


"Bagaimana tidak, sehari-harinya mereka akrab dengan media sosial seperti youtube, tiktok, instagram, podcast serta platform lainnya. Jadi pendekatan melalui medsos termasuk salah satu cara paling efektif," beber petahana dari PKS yang kini kabarnya digadang sebagai calon gubernur DKI.

 


Seperti yang dilansir dari media Tempo.co.id, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, disebut-sebut bakal diusung sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Hal ini diungkap oleh politikus PKS Karyatin Subiyantoro.

Pada Pemilu 2024 nanti, jumlah pemilih di Indonesia diperkirakan mencapai 187 juta orang. Menurut Komisi Pemilih Umum (KPU), kelompok muda terutama generasi milenial dan GenZ akan menjadi pemilih terbesar pada Pemilu tersebut.


Politikus Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Mardani Ali Sera, disebut-sebut bakal diusung sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.


Bahkan KPU memperkirakan bahwa 60 persen dari seluruh pemilih pada Pemilu 2024 adalah generasi muda. Berdasarkan laman kpu.go.id, tak hanya jumlahnya yang besar, generasi milenial dan Gen Z juga dianggap sangat penting bagi hasil Pemilu karena mereka dikenal aktif di media sosial dan memiliki kepekaan terhadap isu-isu sosial dan politik.

Mengetahui hal tersebut, Bang Mardani sudah tentu merencanakan pendekatan sosial dengan sebuah acara trend kaum milenial, seperti program hiburan standup comedy.

Sebagai pendekatan dengan bantuan perangkat medsos yang jadi keniscayaan komunikasi publik saat ini.


"Saya sangat setuju sekali, bahkan saya sudah merencanakan tim kreatif dan tim relawan saya untuk mewujudkan program hiburan milenial. Saya dengar katanya ROASTING CANDIDATE dengan standup comedy competition adalah sesuatu yang sangat disukai mereka," beber Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS ini.

Rencananya acara tersebut akan digodok setelah kepulangan dari tanah suci, karena 2023 lebaran haji ini saya masih di sana, ungkapnya.

Menurutnya acara hiburan standup comedy yang sangat diminati para milenial itu akan jadi satu program unggulan komunikasi kampanye politiknya dan akan diadakkan setelah dia pulang ibadah haji pada sekitar bulan Juli hingga Agustus 2023 mendatang.

Apakah hal ini dilakukan karena petahana dari dapil yang sama Jakarta Timur dengan sosok Eko Patrio dari PAN yang juga anggota Komisi II.

Eko Patrio sendiri dikenal aktif menjadi salah seorang juri di acara SUCA (Standup Comedy Academy) dari PT Indosiar Visual Mandiri.

Sosok Caleg Golkar DPR RI Jabar VI, Steven Izaac Risakotta berdiskusi dengan bksOL, DikRizal, Jumat petang di Bekasi 16/6/23.

Sementara konsolidasi sosialisasi dengan warga masyarakat khususnya kaum milenial bagi caleg DPR RI dapil Jabar VI, atau Kota Depok dan Kota Bekasi, Partai Golkar, Steven Izaac Risakotta, sudah menjadi wacana yang akan dipersiapkan dan sedang dipertimbangkan oleh tim sukses serta tim relawan caleg Ambon manise ini.



Caleg Golkar untuk DPR RI Jabar VI, kota Depok dan kota Bekasi, Steven Izaac Sarikotta, sedang lakukan konsolidasi dengan simpul tim relawan yang baru dibangun pada Jumat 16/6/23. (Foto: DikRiz)


"Kami masih mendiskusikan lagi apakah cara komunikasi kampanye seperti program itu bisa sesuai dan efektif bagi kampanye saya secara pribadi," ujar caleg Golkar yang juga Ketua PP AMPG dari Kota Maluku ini kepada bksOL Jumat malam 16/6/2023.


Caleg DPR RI, Partai Golkar untuk Jabar VI, dapil Kota Depok dan Kota Bekasi, Steven Izaac Risakotta, SE., SH. MH., Ketua PP AMPG dari Kota Ambon. (Foto: KolPrib)


"Intinya kami sedang persiapkan program yang cocok untuk sosialisasi saya sebagai caleg Golkar dari daerah lain dan ditugaskan untuk berjuang di Kota Depok serta Kota Bekasi. Mana baik buruknya selalu jadi pertimbangan penting, dan kami masih punya banyak waktu sehingga tak terburu-buru mengambil langkah," ungkap  Steven.

Tim Konsolidasi Pendukung Steven Izaac Risakotta, Caleg Golkar DPR RI untuk Jabar VI, dapil Kota Depok Kota Bekasi (16/6/23)

"Dan lagi saya sudah bangun komunikasi dengan beberapa tokoh LSM yang ada banyak di Kota Depok maupun Kota Bekasi, seperti FOB, Forkabi dan juga FBR serta LSM lainnya dengan jaringan yang saya miliki di sini. Semoga itu bisa membuka jaringan dengan akar rumput lebih cepat dan efektif," pungkas caleg berbadan tinggi 178cm yang juga fungsionaris Kosgoro 1957 ini kepada bksOL.

Tim Konsolidasi Pendukung Steven Izaac Risakotta, Caleg Golkar DPR RI untuk Jabar VI, dapil Kota Depok Kota Bekasi (16/6/23)

Hal senada juga disampaikan oleh caleg Golkar untuk Provinsi Jabar, dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, H. Zainul Miftah, atau yang lebih akrab dipanggil HZM ini, kepada bksOL dia menjelaskan bahwa dia sudah membangun konsolidasi dengan akar rumput, melalui LSM dan ormas yang kontak dengan dirinya, seperti GMBI dan lainnya.

"Hampir setiap hari saya melakukan kegiatan yang sering dilakukan warga masyarakat sekitar, seperti pengajian rutin warga di tingkat RW maupun kelurahan juga masjid," bebernya.




Bahkan tak jarang HZM mendatangi warga yang terkena musibah seperti kematian warga dengan takziyah dan menghibur keluarga yang ditinggalkan, termasuk warga yang sedang sakit. Terakhir dirinya mendatangi tokoh masyarakat yang aktif jadi supporter olahraga sepakbola di daerah Sawangan, Kota Depok.


"Itu konsolidasi dan sosialisasi yang saya lakukan jauh sebelum masa kampanye terbuka tiba," pungkas caleg yang baru pulang Umroh, bulan Syawal lalu kepada bksOL melalui whatsapp nya.

Sedangkan caleg DPRD Kota Bekasi, dari partai Nasdem untuk dapil Pondokgede dan Bekasi Barat, Agung M. Tanjung kini giat membangun komunikasi dengan warga masyarakat di tingkat akar rump[ut dengan tandem bersama calon walikota Bekasi dari partai Nasdem, Heikal Safar.


Caleg Nasdem Gelar Ribuan Sembako Murah di Kota Bekasi, dihadiri oleh DR. Ayu Alwiyah Aljufri (Caleg Nasdem DPR RI dapil Kota Bekasi dan Kota Depok), Agung Muhammad Tanjung dan juga Bugi Santoso (Caleg Nasdem DPRD Kota Bekasi, dapil Pondokgede dan Bekasi Barat). 



"Program sosialisasi warga masyarakat di akar rumput dan konsolidasi dengan jaringan relawan yang saya bangun, kami usahakan sebisa mungkin menghindari apa yang dilarang oleh pihak KPU dan mengindahkan kerja Bawaslu," ungkap Agung yang juga Ketua DPD GARPU Kota Bekasi ini kepada bksOL. "Saya tandem dengan pak Heikal Safar sebagai calon walikota Bekasi, tidak mau melakukan praktik sosialisasi dengan membagi-bagikan sembako. Karena hal itu jelas bukan satu hal yang baik dalam mendidik masyarakat bawah akan artinya demokrasi," imbuhnya.

"Karena akan terasa aneh dan bersalah sekali kami, jika membiasakan memberikan bantuan sosial seperti sembako, tapi berharap mereka sebagai warga masyarakat harus membayarnya dengan mencoblos kami sebagai calon wakil rakyat bagi mereka," terang Agung MT mengutip ucapan Heikal Safar sebagai Ketua DPW GARPU Provinsi Jawa Barat.

Heikal Safar, Calon Walikota Bekasi bahkan menambahkan, "Ini satu program sosialisasi dari konsolidasi kami sebelumnya dengan simpul para relawan yang kami miliki, dengan nama kegiatan Caleg Nasdem Gelar Ribuan Sembako Murah di Kota Bekasi, pada 11/6/23



Karena itu kami mendidik warga dengan membantu mereka menyediakan sembako sangat murah dan terjangkau bagi warga yang membutuhkan di beberapa kampung dan perumahan, beber Agung lebih rinci. Bila perlu dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran.


"Kami tak peduli karena program sembako murah ini harus merogoh kocek yang lumayan dalam dan secara hitung-hitungan finansial kami bisa dikatakan rugi. Tapi justru itu lah tujuan sebenarnya, memberikan bantuan kemudahan dan akses bagi masyarakat pada umumnya untuk mendapatkan sembako murah. Dan kami akan melanjutkannya hingga jelang masa kampanye terbuka nanti. Intinya tak ada kata Suap atau Ruswah dalam program Menjual Sembako Murah yang kami lakukan ini. Justru kami melatih diri kami untuk bisa membiasakan memberi akses kemudahan bagi masyarakat bagaimana menjadi wakil rakyat yang sebenarnya, tanpa mahar. Itu alasan yang sebenarnya." pungkas Agung MT kepada bksOL.

Heikal Safar, Sekjen organisasi relawan Anies Baswedan Center sekaligus Calon Walikota Bekasi bahkan menambahkan, "Ini satu program sosialisasi dari konsolidasi kami sebelumnya dengan simpul para relawan yang kami miliki, dengan nama kegiatan Caleg Nasdem Gelar Ribuan Sembako Murah di Kota Bekasi."


"Ini satu program sosialisasi dari konsolidasi kami sebelumnya dengan simpul para relawan yang kami miliki, dengan nama kegiatan Caleg Nasdem Gelar Ribuan Sembako Murah di Kota Bekasi."


Insya Allah akan ada puluhan ribu paket sembako murah di 12 kecamatan 56 kelurahan di Kota Bekasi, ungkap Heikal Safar yang juga menjabat jadi Ketua DPW GARPU (Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM) Provinsi Jawa Barat. Acara gelar ribuan sembako murah ini, dihadiri oleh DR. Ayu Alwiyah Aljufri (Caleg Nasdem DPR RI dapil Kota Bekasi dan Kota Depok), Agung Muhammad Tanjung dan juga Bugi Santoso (Caleg Nasdem DPRD Kota Bekasi, dapil Pondokgede dan Bekasi Barat).


Animo warga begitu besar atas Gelar Ribuan Sembako Murah di Kota Bekasi yang diadakan oleh Calon Walikota Bekasi Heikal Safar dengan caleg Nasdem DPR RI, Hj. Ayu Alwiyah Aljufri, Caleg DPRD Kota Bekasi, AGung Muhammad Tanjung & Bugi Santoso, pada 11/6/23 lalu.


Lain lagi dengan Dedy Miing Gumelar, sang caleg DPR RI dari partai Gelora untuk dapil JabarVI, Kota Bekasi dan Kota Depok. Dirinya mengaku justru membangun konsolidasi dengan para ralawan melalui jamaah dari masjid ke masjid baik itu acara hari besar Islam maupun ceramah dan edukasi publik di kantor-kantor RW dimana simpul jaringan relawannya sudah terbentuk dengan kaitannya di struktur DPD Partai Gelora Kota Bekasi.

Tak lupa, Dedy Miing Gumelar, sang komedian yang pernah jadi aleg dari partai merah ini mengatakan, "Saya masih terus membangun komunikasi dengan para seniman di Kota Bekasi dan kota Depok. Itulah sebabnya restoran saya di Grand Galaxy Citi, DBM (Dapoer Bang Miing) terbuka buat para seniman untuk mau berekspresi kesenian di panggung yang telah kami sediakan," ujar lelaki beranak 3 orang ini kepada bksOL sambil promosikan restonya.


"Intinya, kita sebagai calon wakil rakyat harus bisa menjadi public educator." ujar Caleg Partai Gelora, DPR RI dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, Dedy Miing Gumelar di DBM, 9/6/23 lalu. (Foto: DikRizal)



"Kalau perlu undang teman-teman kamu, Dik...! Para standup comedian atau komika untuk openmic di tempat saya. Saya sediakan fasilitas nya di DBM. Atau mau sekadar openmic dan tempat berlatih standup comedy. Silakan saja. Gratis kok! Undang teman komunitas standup comedy Bekasi dan Depok." ujarnya mengundang para seniman komedi lewat bksOL.

"Intinya, kita sebagai calon wakil rakyat harus bisa menjadi public educator. Apa itu pendidik masyarakat?" tanyanya beretorika.

"Adalah mereka para elit politik yang sadar betul bahwa di alam demokrasi ini, memperoleh dukungan suara publik tidak harus mengeluakran uang banyak dan sangat mahal, yang seolah memaksakan diri untuk membeli suara rakyat dengan sembako. Sungguh sangat murah sekali suara mereka.

Caleg DPR RI Partai Gelora, untuk Jabar VI dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, Tb. Dedy Miing Gumelar, saat acara Halal bi Halal Bacaleg dan fungsionaris Partai Gelora Kota Bekasi, tentang Elit Politik belum jadi Public Educator. (Foto: DwiVideo)


Dan itu tentunya menghinakan warga masyarakat, seolah mengatakan bawah suara mereka bisa dibeli dengan paket sembako tau amplop yang berisi uang 150 ribu rupiah. Padahal itu adalah haram dan termasuk dosa suap. Siapa yang menyuap dan disuap keduanya masuk neraka.

Hal ini lah yang tidak dibertahukan para elit politik kepada publik. Saya mau mengubah paradigma berpikir masyarakat yang buruk seperti itu menjadikan mereka sebagai pemilih dan pemberi sauara yang cerdas dan peduli pada masa depan anak cucu mereka dengan menentukan calon wakil rakyat yang tidak menyuap atau menyogok mereka dengan sekadar sembako atau amplop uang semata." pungkas Dedy Miing kepada bksOL.[■]

Penulis: OmDikDik, Editor: AbuRijal / AbuAbdullah

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner