contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Kampung Bareto Garut Obyek Wisata Alam si Permata Tersembunyi

banner

Bagi Karyawan Korporat Besar atau Sosialita Kota Besar, Juga bagi Para Milenial Inilah Arti Study Tour (Wisata Edukasi) yang Sebenarnya

bekasi-online.com, Ahad, 30 Juli 2023, 09:55 WIB, DikRizal

Bukan cuma karyawan perusahaan ataunkomukitas sosialita ibu-ibu arisan metropolitan yang butuh study tour yang sebenarnya, bahkan anak SD, SMP, SMA dan Mahasiswa butuh wisata edukasi di Kampung Bareto.


GARUTbksOL — Di zaman milenial serba internet saat ini dimana hiburan didominasi oleh games online dengan gawai (gadget) cerdas yang bisa dimiliki siapa saja, maka rekreasi offline atau lepas dari dunia maya dalam jaringan internet serta langsung berinteraksi dengan sesama di alam terbuka dunia nyata menjadi alternatif paling melegakan dan dibutuhkan warga perkotaan.


Adalah Kampung Bareto (kampung dahulu) Garut, Jawa Barat, merupakan hamparan perkebunan tanaman kopi Arabika, namun disulap menjadi arena bermain keluarga bernuasa kampung tempo dulu yang sarat dengan budaya warga pedesaan.





Apalagi letaknya yang berada di sebuah cekungan jalan raya Cisurupan Garut, kawasan wisata keluarga yang terbilang baru di Desa Tambakbaya, Kecamatan Cisurupan itu, memang terlihat cantik dan pas untuk tempat liburan keluarga.


Gaya perumahan tradisional yang didesain sedemikian rupa membuat para wisatawan merasa seperti berada di zaman baheula dengan sentuhan sedikit kehidupan modern.


Deretan bangunan tradisional masyarakat desa yang terbuat dari bilik beratapkan ijuk, tampak rapi mengelilingi kawasan itu sebagai sarana istirahat pengunjung, yang ingin menikmati sensasi bermalam di tengah dinginnya suasana alam.




Tak ketinggalan beberapa fasilitas permainan tradisional khas masyarakat dulu, dengan mudah bisa ditemukan dan dinikmati di sini secara langsung.


Egrang atau Jejangkungan, klau di daerah asalmu apa nama olahraga permainan dengan bambu ini?

"Ada sekitar belasan permainan tradisional khas anak-anak zaman dulu di sini," ujar Abah Chevy melalui gawainya dengan bksOL kemarin Sabtu malam 29 Juli 2023.


Rumah tradisional beratap rumbia yang eksotik dan klasik tradisional menggambarkan kedamaian dan ketenangan sejati suasana tanah Pasundan kuno, seperti wilayah lainnya di pelosok Nusantara.


Sebut saja panahan, sondah atau engklek, galah jidar untuk melatih ketangkasan, sorodot gaplok, ngadu kaleci (kelereng), rerebonan, gatrik, egrang, ketepel, ngadu karet, congkak, hingga bola bekel atau bekles tersaji di sana.


Permainan tradisional klasik yang membuat kota seperti kembali ke masa lalu dengan cara instan namun penuh kenangan indah dan nyata.

Menggunakan setelan kaus bertuliskan 'Kampung Bareto', ia tampak sibuk memberikan instruksi sekaligus arahan kepada beberapa pengunjung anak-anak yang tengah bermain ‘panahan’ di salah satu slot bermain, Kampung Bareto.


Malam hari di Kampung Bareto dengan api unghin dan kesegara udara perkampungan khas Garut, Jawa Barat yang diperkaya dengan permainan jadul tradisional


"Ayo dek, belajar menggunakan busur panah yang baik agar tarikan kuat," ujar sang pendamping wisata permainan panahan bagi beberapa pengunjung cilik di sana.


Bahkan pendopo joglonya dibuat sedemikian rupa seperti jaman kehidupan Sunda kuno dengan sentuhan tulisan modern tentunya.

Menurut Abah Chevy, kehadiran wisata alam Kampung Bareto sengaja didesain untuk menyajikan hangatnya suasana pedesaan di tengah hiruk pikuknya kehidupan kota saat ini.


Pernahkah Anda melihat perumahan tradisional seperti ini di tengah modernisasi perkotaan? Tentunya tidak bukan?

Sehingga, siapa pun yang datang ke sana, bakal mendapatkan suguhan suasana dan nuansa alam yang berbeda, di kawasan wisata dekat deretan kaki Gunung Papandayan, Garut yang terbilang indah itu.


Paket Wisata Edukasi (Study Tour yang sebenarnya) Kampung Bareto



"Kami juga tengah menyelesaikan bangunan museum peralatan rumah tangga dan perkakas khas masyarakat desa tempo dulu sebagian sajian istimewa bagi pengunjung," kata sang pengelola Abah Chevy.


Sang pemilik sekaligus pengelola Kampung Bareto Wisata Budaya dan Edukasi sendiri lebih sering bicara filosofi tentang betapa pentingnya orangtua zaman dulu mengajarkan pengertian tentang perilaku dan falsafah kehidupan dari setiap permainan tradisional yang diajarkan kepada anak-anaknya.


Berbicara dan berbincang dalam diskusi seru dengan Abah Chevy adalah satu pencerahan tersendiri sehingga siapapun yang mau serius mendengarkan penjelasannya tentang makna kehidupan berdasar filosofi budaya Sunda akan mendapatkan sudut pandang kultural yang lebih luas dan mencerahkan.



Salah satu rumah tradisional yang asri dan klasik akan menjadi tempat tinggal bagi para wisatawan yang datang menginap sehati semalam.


Untuk wilayah Kota Bekasi, Kepala Cabang Pemasaran Kampung Bareto, Garut untuk wilayah Bekasi Raya dan Jakarta ada di kantor AyuKita Tour, Jl. Banteng No.81 Kranji Bekasi Barat, dengan nomor narahubung: +62 859-2123-1191 langsung dengan Pak AMT. [*]

Reporter: DikRizal, Editor: AbuAbdullah

3 Comments

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

  1. Kang Chevy is the best

    ReplyDelete
  2. Biayanya kyaknya gak mahal ternyata. Tapi kalo jadi sales keagenannya bisa tuh dijual ke sekolah-sekolah mahal di Jabodetabek dengan harga Rp450rb per siswa. Wah bisa kaya mendadak ini, kapo jadi agen.

    ReplyDelete
  3. Mantap dan cantik banget banget ini study tour

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner