contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Mubesda I IWO Kota Bekasi Bareng Sertijab Kapolres Metro Bekasi

banner

IWO Kota Bekasi Harus Bisa Menjaga Marwah Jurnalistik di Era Digital.

bekasi-online.com, 06 Mar 2023, 21:30 WIB


Musyawarah Bersama Daerah 1 IWO Kota Bekasi, Griya Wulan Sari, Margajaya, Bekasi Timur,  8 Maret 2023 (Foto: DikRizalAbubakar)


BEKASI, bekasiOL -- Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online Kota Bekasi akan melaksanakan Musyawarah Besar Daerah 1 (Mubesda) Kamis, 8 Maret 2023 atau 2 hari jelang HUT Kota Bekasi ke- 26. Dan secara bersamaan juga dengan Pelantikan Sertijab Pejabat Polres Metro Bekasi Kota, dari KombesPol Hengki S.I.K. MH kepada pejabat baru KombesPol Dani Hamdani, S.I.K. MPM. Artinya apa momentum ini bisa kebetulan terjadi?



Lihat juga: Honor Guru P3K Dipotong Pemkot Bekasi Tanpa Persetujuan DPRD Kota Bekasi Langsung Diminta Peninjauan Ulang


Artinya bahwa baik angkatan para jurnalis dengan angkatan aparat kepolisian di Kota Bekasi semoga bisa sejalan dan satu semangat demi alasan profesionalitas yang lebih baik dan saling bersinergi dalam kebaikan.


Bukan jadi partner in crime. Bisa dibayangkan jika aparat penegak hukum justru berkolusi dengan media publik? Apakah tidak semenyeramkan kisah krimialitas di film aksi Amerika Serikat. Semoga kota Bekasi masih diberi marwah yang mengenal agama dan menjunjung tinggi etika berkomunikasi dalam segala aktivitasnya bermedia online.


Lihat juga: Dailami Firdaus, DPD RI Buat Acara Keluarga Besar PASKI Bukber & Tarawih Berjamaah Tak Peduli Larangan Pemerintah 


Redaksi pun mengutip pesan dari opini seorang jurnalis senior di kota Bekasi, bang Didit Susilo, yang oleh redaksi dianggap tak akan lekang oleh waktu dan menanamkan pesan moral yang dalam. Berikut kutipannya:



Sebagai organisasi insan pers yang masih muda, IWO dituntut bisa memberikan kontribusi dalam penyampaian informasi publik kepada masyarakat. Untuk menghadapi tantangan di era digitalisasi informasi, jurnalis dituntut untuk Cerdas dan  Beretika, karena masyarakat telah memiliki kecerdasan tersendiri dalam menyaring informasi yang disampaikan oleh Jurnalis.


Untuk menjawab tantangan tersebut dibutuhkan kehadiran pers yang profesional, proporsional, kompeten, beretika, bermartabat, taat Kode Etik, taat etika sosial dan taat hukum.


Dari ki-ka: Ketua IWO DPD Kota Bekasi; Iwan NK,
DPP IWO, Jodi Yudono & Didit Susilo, Jurnalis Senior.


PD IWO Kota Bekasi harus terus mengedukasi dan memperbaiki marwah jurnalis ke hal-hal yang positif. Jika Jurnalis Cerdas Beretika, maka pembaca informasi juga akan cerdas. Tata cara penulisan yang by data, berimbang, mencerahkan tidak mengurangi penulisan yang kritis komprehensif. Sikap kritis tetap harus menjadi pegangan sebagai lembaga penyeimbang dalam mengontrol kekuasaan dan pembangunan. 


Lihat juga: Honor Guru P3K Dipotong Pemkot Bekasi Tanpa Persetujuan DPRD Kota Bekasi Langsung Diminta Peninjauan Ulang


Profesi jurnalis sebagai penyampai pesan, harus menyampaikan kebenaran bukan kebohongan (hoax). Jurnalis bebas  menulis apa saja namun juga memiliki tanggung jawab, karena tulisan hitam dan putih bisa mempengaruhi persepsi publik. 

Di tengah tantangan dan berbagai intimidasi baik verbal dan non verbal, tugas wartawan merupakan tugas yang berat, karena seorang wartawan juga dituntut untuk menjadi insan pers yang menjaga keadaban, tindak tanduk serta sopan santun.


Ucapan Selamat & Sukses dari Aji Ali Sabana
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bekasi (Foto: DR)


Dalam menyampaikan berita, jurnalis harus  reformis dan korektif, agar ada keberadaban dalam pemberitaan, untuk menghindari provokatif dan sensasi belaka. Jurnalis IWO Kota Bekasi harus menjunjung tinggi keadaban online, sehingga dapat membawa nama organisasi wartawan online mendapat kepercayaan dari masyarakat.


IWO Kota Bekasi harus berupaya menjadi corong publik akan jalannya pembangunan. Kritis menyikapi belanja APBD. Harus berani tampil beda untuk menyikapi dugaan penyelewengan APBD, sikap koruptif, kebocoran anggaran dan arogansi berbagai oknum. Harus berani berdiri tegak lurus menyuarakan kebenaran sebagai penyambung lidah publik. [■]


Selamat ber Mubesda 1 IWO Kota Bekasi. 

Oleh : Didit Susilo Jurnalis Senior, Editor: Sidik Rizal


Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

Previous Post Next Post
banner