contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kota Bekasi Berjalan Dengan Khidmat.

banner

Ketua DPRD Kota Bekasi, H.M. Saifuddaulah : Pancasila Harus Bisa Dipraktekkan Dalam Kehidupan Sehari-hari, Agar Tak Bisa Digantikan dengan Paham Apapun

bekasi-online.com, Ahad 1 Oktober 2023, 14:53 WIB, DikRizal


(ki-ka) Ketua Pengadilan Negeri, Kapolres Metro Bekasi Kota, Pj Walikota Bekasi, Ketua DPRD Kota Bekasi, Dandim 0507/Bekasi, Kepala Kejari Kota Bekasi, di Plaza Bekasi, Ahad, 1/10/2023


PLAZA BEKASI, bksOL - Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober menjadi momentum pengingat sejarah bagi bangsa Indonesia, Upacara Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Bekasi digelar di Plaza Pemerintah Kota Bekasi pada hari ini berjalan dengan khidmat.




Penjabat Walikota Bekasi, R. Gani Muhamad menjadi pembina upacara dengan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi yakni Ketua DPRD Kota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507 Kota Bekasi, Ketua Pengadilan Negeri Kota Bekasi dan unsur lainnya.





Ketua DPRD Kota Bekasi H.M. Saifuddaulah menyatakan, Pancasila harus bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dikatakannya usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Plaza Pemkot Bekasi, Minggu (1/10/2023).

Baca juga: Yuk ikutan Polling ke-2 Mengetahui Siapa Calon Walikota Bekasi 2024?


  Langsung klik link foto berikut:  
Tentukan Walikota pilihan yang Anda kenal untuk kebaikan Kota Bekasi


"Kami akan senantiasa menjaga dan menumbuhkembangkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Saifuddaulah saat membaca ikrar Kesaktian Pancasila di hadapan peserta upacara dari ASN Pemkot Bekasi dan masyarakat yang hadir.


Menurut Ketua DPRD yang biasa disapa Ustadz Daulah ini, Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun diperingati untuk mengingatkan masyarakat bahwa ideologi Pancasila tidak bisa digantikan oleh paham apapun.







Upacara juga diikuti oleh anggota TNI, Polres Metro Bekasi Kota, Satpol PP Kota Bekasi, Dinas Damkar, PGRI Kota Bekasi, perwakilan ASN/Non ASN Pemerintah Kota Bekasi dan para siswa siswi yang turut meramaikan gelar upacara Hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini.

Prosesi upacara Hari Kesaktian Pancasila ini berjalan dengan khidmat, diawali mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara, R. Gani Muhamad sebagai tanda mengenang serta mendoakan para pahlawan yang telah gugur, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila.

 




Dandim 0507 Bekasi, Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait bertugas membacakan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, dilanjut dengan pembacaan naskah ikrar oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, H.M. Saifuddaulah.





Makna dengan peringatan ini sebagai tanda berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September (G30S) PKI yang terjadi pada tahun 1965, peristiwa tersebut menjadi salah satu sejarah kelamnya bangsa Indonesia yang pada peristiwa tersebut 6 Jenderal dan 1 Perwira militer terbunuh dan dimasukkan kedalam sumur lubang buaya.





Sebagaimana kita ketahui, kata Saifuddaulah, bahwa sejarah kelam bangsa ini pada 1965 pernah ada bagian anak bangsa yang akan merubah Pancasila dengan ideologi Komunis. 

"Berkat perjuangan para pahlawan dan kesadaran bangsa Indonesia untuk mempertahankan Pancasila, usaha kaum komunis tersebut gagal. Sejak saat itu, 1 Oktober pun ditetapkan sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila," ujar Saifuddaulah.


Karenanya, lanjut Saifuddaulah, segenap anak bangsa bukan hanya dengan upacara saja, tetapi yang terpenting adalah bagaimana menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam keseharian.

"Mari semua elemen bangsa untuk mempraktekan nilai Pancasila dalam keseharian, salah satunya mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi, menjaga toleransi dan bersatu untuk kemajuan bangsa," pungkas Saifuddaulah.


Upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema nasional Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju dihadiri PJ Wali Kota Raden Gani Muhammad dan jajaran ASN Pemkot Bekasi.





Saifuddaulah membacakan ikrar Kesaktian Pancasila, untuk turut serta menjaga dan melestarikan serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. [*.*]

Reportase: Tim Redaksi, Editor: DikRizal

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

Previous Post Next Post
banner