contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Herkos: Seni Qasidah Perkuat Budaya dan Tradisi Lokal Bekasi

banner

Dengan Seni Qasidah Menjaring Emak-Emak Pendukung Militan Sekaligus Ibu Para Milenial Calon Konstituen Baru

bekasi-online.com, Kamis, 27 April 2023 | 16:27 WIB

Herkos: Seni Qasidah perkuat budaya tradisi lokal Bekasi. (FOTO: DikRizal)

JATIASIH, bksOL -- KETUA Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Bekasi, Heri Koswara mengatakan, seni qasidah perlu dikembangkan di Bekasi karena memiliki nilai yang luar biasa, dan karena terdapat kelompok emak-emak yang memainkan peran penting dalam seni tersebut. Apalagi emak-emak adalah konstituen pendukung utama dirinya sebagai calon walikota Bekasi 2024 mendatang.


"Seni qasidah bisa menjadi salah satu cara untuk memperkuat budaya dan tradisi lokal di Bekasi, serta memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan yang bernilai positif," kata Herkos ke tim wartawan bksOL.

Baca juga: Putri Ke-2 HerKos, Baseema Jadi Pelopor Penyusunan Al-Quran Berbasis Bahasa Isyarat bagi Penyandang TunaRungu 

Baseema adalah putri kedua dari Heri Koswara yang menjadi salah satu tokoh milenial penting dalam penyusunan Al-Quran berbasis bahasa isyarat bagi para penyandang tunarungu se dunia. (Foto: DikRizal)


Herkos sapaan akrab Ustadz Heri Koswara ini sedang ada kegiatan halal bihalal di kediamannya, di Jl. Gg H. Awi II, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (27/4/2023) dan menyempatkan diri bertemu wartawan terkait dengan pilkada 2024 serta aktivitas putri keduanya, Baseema yang tengah jadi inisiator dan pioner penulisan Kitab Suci Al-Quran versi bahasa isyarat untuk penyandang disabilitas tunarungu.

Baca juga: Profil Anies Baswedan Capres 2024-2029 yang Kini Didukung 4 Partai, Nasdem, Demokrat, PKS & Partai Ummat 


Menurut Herkos, sebagai suatu seni tradisional yang telah ada selama berabad-abad, seni qasidah tentu memiliki nilai dan keunikan tersendiri yang patut dilestarikan.

"Namun, pengembangannya juga harus mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat," katanya.

Herkos juga memiliki niat untuk mempromosikan seni qasidah dalam acara protokoler kenegaraan di Kota Bekasi apabila dia dipercaya untuk menjabat pada tahun 2024.


"Saya ingin mengangkat nilai-nilai keislaman dan tradisi Indonesia dalam acara protokoler kenegaraan. Selain itu, memperkenalkan seni qasidah dalam acara kenegaraan juga dapat memperkaya kebudayaan Indonesia dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni tradisional itu sendiri," ujarnya.

Tausiyah dari Ketua Harian buat ibu-ibu anggota LASQI (Lembaga Seji Qasidah Indonesia) Halal bi Halal dimlediaman Herkos, Jatiasih 27/4/23 (Foto:DikRizal)

Ia juga memiliki niat untuk membangun gedung kesenian yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi anak-anak muda yang memiliki potensi di bidang seni.

Baca juga: Yuk ikutan Polling Mengetahui Siapa Calon Walikota Bekasi 2024

  Langsung klik link foto berikut:  
Tentukan Walikota pilihan yang Anda kenal untuk kebaikan Kota Bekasi


Baca juga: Polling Sementara ETOS tahun 2022, Heri Koswara Urutan Pertama dan Heikal Safar Urutan Kedua Cawalkot Bekasi


"Saya berharap untuk menciptakan sebuah lingkungan yang kondusif bagi anak-anak muda untuk berkembang dalam bidang seni, serta memfasilitasi proses kreatif mereka dan meningkatkan kualitas karya seni yang dihasilkan," ujarnya.

Seni qasidah adalah seni yang berasal dari Timur Tengah dan merupakan bentuk musik Islami yang mengutamakan pesan moral dan religius dalam liriknya.


Seni ini biasanya dilakukan oleh kelompok musik yang terdiri dari vokalis, pemain gendang, dan beberapa alat musik lainnya. Di Indonesia, seni qasidah sering diperdengarkan pada acara-acara keagamaan seperti pengajian dan pernikahan. [■]

Kontributor: Dharma HG/SuaraKarya.id
Reporter: Nur Sidik Kelana Rizal
Editor: Pudja Rukmana (SK), DikRizal (bksOL)
Fotografer: DikRizal

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner