contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Surat Terbuka Kepada Anies Baswedan

banner

(Copas dari postingan seorang tokoh yang dekat dengan presiden Jokowi)


Ibnu Maksum-Opini Anies Baswedan (IST) Smith Alhadar Direktur Eksekutif Institute for Democracy Education (IDe) 

Mas Anies yang baik, dalam gelisah saya menulis surat ini saat banyak orang sedang terlelap dalam bekap mimpi yang merisaukan.

Baca juga: Anies Dapat Tiket Dukungan dari 3 Partai; Nasdem, PKS dan Demokrat

Belum juga dikumandangkan adzan, ajakan berserah diri pada Tuhan, sebelum memulai kehidupan yg rumit. Seringkali berat. 

Tadi, saat saya membuka layar HP, berita pertama yg saya temukan adalah deklarasi “Anies for President” di sebuah daerah yg jauh.

Berita sejenis telah menjadi rutin belakangan ini: setiap hari ada saja sekumpulan orang dgn wajah masygul penuh harap menginginkan mas Anies memimpin negara ini pd 2024.

Baca juga: Heikal Safar Menawarkan Partai Priboemi Beserta Seluruh Isi & Pengurusnya kepada Moeldoko sebagai Hibah

Saya terharu, tapi takut harapan mereka tak terpenuhi. Wajah mereka mirip orang2 Madinah yg gelisah menunggu hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah dalam film “The Messenger

Bahkan banyak yg berlomba naik pohon Kurma utk menjadi orang pertama yg melihat kedatangan tokoh besar yg , di kemudian hari, menjadi pengubah dunia terbesar sepanjang sejarah. 

Mas Anies yg baik, tentu mas Anies bukan Nabi . 

Tetapi sejarah dunia menunjukkan ikhtiar seorang presiden yg cerdas, ikhlas, dan visioner, bisa menjadi awal bagi lahirnya persatuan, kemakmuran, keadilan sosial, dan lompatan besar sebuah bangsa.

Baca juga: Sebenarnya Apa Saja Prestasi Anies Baswedan Sehingga Dia Layak Jadi Calon Presiden?

Presiden AS yg pertama, George Washington, adalah salah satu contohnya . Ah, saya tak usah mengatakan ini, toh mas Anies juga sudah lebih dari tahu.

Yang ingin saya katakan, orang2 yg mendeklarasikan “Anies for President” yakin mas Anies bisa menjadi salah satu Presiden negarawan yg dapat mengurai berbagai masalah dan tantangan bangsa hari ini

Kasihan, kita sudah merdeka 77 thn, tapi kesejahteraan dan keadilan masih jauh dari mereka.

Mereka masih sama seperti rakyat Mesir yg membangun Piramida atau rakyat Cina yg membangun Tembok Raksasa hanya utk mengejar ambisi pribadi Penguasa yg ingin terlihat perkasa tanpa peduli pd kesengsaraan rakyat. Menyedihkan bukan? 

Tapi bukan hanya itu! Bangsa ini sedang menghadapi banyak masalah, yg sepertinya tak mampu diatasi Rezim sekarang karena telah terjerat Oligarki yg punya kepentingan berbeda dgn kepentingan Negara dan Rakyat.

Baca juga: Mantan Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu dari PKS Memberikan Pesan Politik untuk Tahun Politik 2024 Mendatang

Orang2 dari tempat2 jauh pun sudah mendengar bagaimana mas Anies melawan para Oligarki di Jakarta. 

Mereka faham mas Anies tidak melarang orang utk menjadi kaya, tapi keadilan sosial harus ditegakkan lebih dahulu.

Biarkan kekayaan didapat dari kerja keras , kejujuran, dan sesuai aturan main. Itu yg mas Anies inginkan bukan? Itu sebabnya, banyak org memanggil2 namamu dgn suara parau utk menyelamatkan bahtera Indonesia yg sdg oleng. 

Bukan orang memberi tahu, tapi mereka sendiri melihat dgn mata kepala bagaimana mas Anies mengurai benang kusut Jakarta menjadi kota layak huni.

Bahkan, kota cerdas, segar, dan boleh dibanggakan bangsa. 

Terpapar keindahan di mana2 yg dapat dinikmati semua org. Tadinya mereka tak percaya kebobrokan klasik Jakarta bisa diubah menjadi kota yg nyaman. 

Apalagi ada yg bilang mas Anies tak melakukan apa2, merusak harmoni warga berbeda agama karena mengusung politik identitas, dan pembohong. 

Maafkan mereka yg terlambat memahami mas Anies.

Baca juga: Senam Pagi Bersama Sutiyoso, Balon Walikota Heikal Safar Ajak Warga Bekasi dan Kader Partai Nasdem

Orang2 culas pada awalnya cukup berhasil menghancurkan pribadi agung sebelum kinerja dan moral mas Anies mengoreksi semua itu. 

Bukan main kagetnya mereka ketika tahu mas Anies membangun Jakarta International Stadium dan Sirkuit Balap mobil listrik Formula-E. Amboi, bukankah itu mimpi org Eropa? 

Tapi mata mereka tak dapat berdusta . Baru sekarang mereka tahu bahwa ternyata org Indonesia pun bisa bermimpi dan mewujudkan mimpinya itu

Mereka berterima kasih padamu meskipun mas Anies tak membutuhkannya. Ajaib, mas Anies bilang itu hasil kolaborasi banyak pihak utk membagi pujian publik pada banyak org.

Padahal sudah menjadi tradisi Pemimpin di negeri ini utk memonopoli pujian bagi diri sendiri meski pada kenyataannya dia tak melakukan apa2.

Baca juga: Balon Walikota Heikal Safar Menanggapi Isyu Utang Anies 50M adalah Hal Yang Mustahil

Mas Anies yg baik, mereka yg ingin mas Anies menjadi Presiden adalah ekspresi kagum padamu.

Betapa tidak, ketika tiba di ibu kota, mereka tak lagi menemukan bus2 bobrok, Metro mini ugal2an, dan angkot yg ngetem di sembarang tempat. Padahal, baru kemarin aib itu menjadi etalase ibu kota.

Huuusss… semuanya telah lenyap ke dalam sejarah usang Jakarta. Kendaraan umum berganti rupa dgn fasilitas yg aduhai.

Sistem transportasi terpadu yg mengintegrasikan semua moda transportasi darat telah memudahkan mobilisasi warga dgn biaya murah. Kok bisa?

Kenyataannya memang begitu. Yg suka jalan kaki difasilitasi dgn trotoar. 

Silakan bersepeda bagi yg hobi karena tersedia jalur yg aman.

Pemberhentian bus jadi tontonan yg mengasyikan karena menghadirkan kemoderenan yg dulu hanya terlihat di film2 Hollywood. 

Kalau para Gubernur sebelumnya iri hati pada mas Anies, itu lantaran mereka baru tahu bahwa kota bisa disulap dgn ide2 kreatif.

Lebih daripada itu, mas Anies membawa pemahaman baru tentang kota; bahwa kota adalah hunian yg memadukan kebutuhan fisik dan jiwa manusia utk mendapatkan kenyaman hidup maksimal yg , pada gilirannya, membuat manusia dari semua bakat dapat mengaktualisasi diri dan berinovasi utk kebaikan bagi semua. 

Tapi itu baru infrastruktur. Belum lagi pelayanan sosial yg mengagetkan sekaligus mengharukan mereka. 

Kaum disabilitas, guru, siswa, fakir miskin, mereka yg tergusur, dan orang2 yg berjasa bagi Jakarta dan negeri dipenuhi hak2 mereka. 

Serentak mereka terkejut karena mas Anies bilang ini hak mereka dan merupakan janji kemerdekaan yg harus dipenuhi pemimpin. 

“Hak? Kami punya hak?” Mereka bertanya sambil berlinang air mata. 

Baca juga: Surat Terbuka Buat Anies Baswedan Dari Orang Yang Dekat Dengan Presiden Jokowi

Selama ini mereka tahu rakyat hanya punya kewajiban, bukan hak. Kewajiban mengabdi pada penguasa sejak zaman yg tak dapat diingat lagi

Bahkan, mereka mengira menggusur rakyat miskin di bantaran Sungai Ciliwung tanpa kompensasi sudah merupakan takdir dari langit.

Tiba2 saja mas Anies bilang itu tidak benar. 

Terkejutlah mereka bukan kepalang. 

Belum lagi habis mereka bertanya apakah mereka tidak sedang bermimpi, mas Anies telah menyodorkan kpd mereka hunian baru yg lebih manusiawi.

Mulai hari itu beban hidup mereka terasa lebih ringan di bawah langit biru yg membentang sampai jauh.

Syukuran pun mereka gelar sebagai terima kasih kpd Tuhan Maha Pemurah melalui perantaraan-mu

Mas Anies yg baik, sebelum mendeklarasikan “Anies for President”, telah lebih dahulu mereka bergegas menemui para rohaniawan yg sdg berdoa bagi panjang umurmu. 

Mereka ingin mendapat konfirmasi apakah benar mas Anies melayani keperluan rumah ibadah semua Agama. Para pemuka tiap Agama itu lalu naik ke mimbar dgn emosi yg membuncah.

Dgn suara serak sambil terisak, mereka berkata, "Sebenarnya kami malu utk menyampaikannya. Tapi kebenaran tak bisa disembunyikan, seperti Matahari di siang bolong."

Memang benar Anies telah membantu kami secara adil. Lihat, indahnya rumah ibadah kita hari ini berkat bantuan beliau.” 

Mereka mengaku merasa bersalah karena dalam Pilgub dulu tak menyoblos mas Anies. 

Tapi mas Anies tak kecewa. Para pemuka Agama itu merasa terhina karena hati dan pikiran tak mampu menuntun mereka pada pilihan yg benar. 

Ketika itu benak mereka telah terkontaminasi Propaganda orang2 jahat . Sekarang mereka bilang, alangkah mulianya mas Anies yg telah juga meningkatkan kerukunan antar Ummat beragama.

Mereka mengaku telah menggunakan kaca pembesar utk mencari politik identitas pd dirimu, tapi tak ditemukan

Jakarta di bawah kepemimpinan mas Anies ternyata jauh berbeda dari apa yg mereka bayangkan sebelumnya. 

*Tak heran, orang menduga kuat para Rohaniwan itu juga ingin mas Anies memimpin Indonesia...*

Sumber: Suaranasional.com/Surat Terbuka kepada Anies Baswedan

______________________

Teman2 plase share, reshare, copas, repost, ke media manapun bisa dishare 🙏

Tolong di share ke 12 group WA saja, syukur 100 WA.

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

Previous Post Next Post
banner