contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Apakah Pj Walikota Sengaja Ikut Orkestrasi Politik Pilkada 2024?

banner

Tak Mampu Menjaga Netralitas, Pj.Walikota Bekasi Dituding Selundupkan Ketua Partai Dalam Acara Pemerintahan Kota Bekasi

bekasi-online.com, Kamis 9 November 2023, 15:06 WIB

Pj Walikota Bekasi, Rd. Gani Muhammad diapit Forkopimda, Kapolres Metro, Dandim 0507/Bekasi, Kajari Ketua Pengadilan Negeri Kota Bekasi termasuk Ketua KONI, Tri Adhianto, Rabu 7/11/2023 di Kecamatan Bekasi Utara

KOTA BELASI, BksOL - Tiga bulan menjelang Pemilihan Umum, Pj Walikota Bekasi yang diharapkan mampu mengawal masa transisi Kota Bekasi malah semakin terjerumus kedalam politisasi Birokrasi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum (GEPN) Gerakan Pemuda Nasionalis Bekasi, Laksmana, Kamis (9/11/2023).

Baca juga: Ada Tri Adhianto, Ketua KONI Kota Bekasi di Acara Puncak MTQ XXV se Kota Bekasi, Sejak Kapan Musabaqoh Jadi Urusan Olahraga?

“Pj.Kepala Daerah, Raden Gani Muhammad dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bekasi harus netral dalam Pemilu 2024. Seharusnya mereka paham betul dengan adanya Peraturan Undang-undang yang menegaskan ASN harus bersikap netral.” ungkap Laksamana.

Baca juga: Yuk ikutan Polling ke-2 Mengetahui Siapa Calon Walikota Bekasi 2024?
Langsung klik link foto berikut: 
Tentukan Walikota pilihan yang Anda kenal untuk kebaikan Kota Bekasi

“Pertama, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam Pasal 2 menyatakan setiap Pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu jangan bermain politik praktis," tegas Laksmana.

Baca juga: Pj. Walikota Bekasi Kembali Sambangi Kantor-kantor Kecamatan Bekasi Timur dan Kecamatan Rawalumbu

Menurutnya, saat ini Netralitas ASN Pemerintah Kota Bekasi sudah tidak jelas, karena dipolarisasi oleh Tri Adhianto selaku ketua KONI Kota Bekasi yang sebelumnya menjabat Eks Walikota Bekasi, Pj.Walikota Bekasi justru memberikan contoh buruk juga dengan mempromosikan Tri Adhianto dalam acara Pemerintah Kota Bekasi.

Baca juga: Pj.Walikota Bekasi Gelar Sosialisasi Netralitas di Lumbungnya Partai Politik, Forkim: Kebodohan & Kepatuhan Komunal


Baca juga: Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin Perintahkan Walikota/Bupati Monitor ASN Yang Tak Netral

"Pj.Walikota yang sebelumnya memerintahkan untuk menjaga netralitas pada Aparatur, Raden Gani malah berusaha menyelundupkan Ketua DPC PDI Perjuangan, Tri Adhianto dalam setiap acara Pemerintah Kota Bekasi, contoh lnya kegiatan Acara MTQ yang di selenggarakan di Bekasi Utara Tri Adhianto terlibat dalam acara Pemerintah Kota Bekasi," paparnya.


Dengan mengundang Tri Adhianto dalam kapasitas sebagai Ketua Umum KONI, sambung Laksmana, jelas penyelundupan politis oleh Pj. Walikota Bekasi, Raden Gani Muhammad. Selain itu, Laksmana menandaskan apapun alasannya mengundang Tri Adhianto dalam acara Pemerintah Kota Bekasi jelas sebuah preseden buruk dalam menjaga netralitas pemilu di kota Bekasi.

“Keberadaan Pj. Kepala Daerah hanya untuk mengisi kekosongan kursi Kepala Daerah agar roda Pemerintahan tetap berjalan.” beber Laksamana.

“Sebagai seorang birokrat, Pj. Kepala Daerah agar tidak berafiliasi dengan Partai mana pun atau calon siapa pun. Karena sekali berafiliasi nanti akan menimbulkan kekisruhan politik di Kota Bekasi jadi ambil posisi netral, tidak ada politik praktis dukung mendukung,” jelas Laksmana.


Laksmana mengatakan dengan ini meminta kepada Presiden RI dan Kemendagri untuk segera mencopot Penjabat Walikota Bekasi Raden Gani Muhammad karena tidak Netral sebagai Birokrasi dan keterlibatannya dalam politik praktis kepada salah satu Partai politik PDI-P Kota Bekasi.

"Sebagai Negara demokrasi, pelaksanaan Pemilu menjadi bagian penting bagi Indonesia. Pasalnya, Pemilu merupakan satu-satunya momentum bagi rakyat untuk terlibat penuh menentukan pemimpin, baik di tingkat Pusat, Daerah maupun perwakilannya," imbuhnya mengakhiri. [■]

Reporter: TimRedaksi, Editor: DikRizal

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

Previous Post Next Post
banner