contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Emang Dodol Nih Bang Nian! Masak Ada Dodol Bang Nian di Plaza Pemkot Bekasi?!

banner

Kemeriahan Jajanan Khas Tradisional Bekasi, Bekasi Ethnic Food Festival 2024 Dihadiri Selebriti Ibukota Bertemakan Setiap Rasa Menceritakan Sebuah Kisah

bekasi-online.com, Rabu-Kamis, 6-7 Maret 2024, 13:20 WIB
Bang Nian, sang penyiar Radio Elgangga Kota Bekasi ini ikut berpastisipasi buka Stand Dodol Bang Nian di area stand UMKM Ethnic Food Festival 2024 Kota Bekasi, Kamis 7/3/2024.

PLAZA BEKASI, BksOL - Festival Jajanan Khas Daerah Bekasi tahun 2024 kali ini yang diselenggatakan menyambut ulang tahun Kota Bekasi ke 27 pada tanggal 10 Maret 2024 mendatang.


Acara ini sengaja dipersiapkan oleh pemkot Bekasi bekerja sama antara instansi terkait Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kota Bekasi, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bekasi dan Humas Pemkot Bekasi selama dua hari, Rabu-Kamis, 6-7 Maret 2024, di Plaza Pemkot Bekasi.


Dodol Bang Nian yang turut hadir berparisipasi di Stand UMKM Ethnic Food Festival 2024 ini terletak tak jauh dari stand UMKM lainnya. Acara festival makanan tradisional ini diselenggarakan untuk menjelang Ulang Tahun Kota Bekasi ke 27 dan diadakan di Plaza Pemkot Bekasi, dengan hiburan musik dan selebritis ibu kota, Azis Gagap, Joe Richard, Rizky Inggar & Daus Separo serta beberapa artis penyanyi lainnya.


Pelaksanaan Festival yang tepat plaza pemkot Bekasi posisinya pun di depan gedung kantor Humas Pemkot Bekasi dimana di lantar dasarnya ada ruang Sentra UMKM dan Galery Dekranasda Kota.

Dengan tema festival setiap Rasa Menceritakan Sebuha Kisah, maka patut diacungkan jempol dimana di dalamnya ada stand Dodol Bang Nian yang menurut kisah legendaris dimana dodol khas Betawi di pulau Jawa, khususnya wilayah Bekasi dodol Bekasi memang beda jika dibandingkan dengan dodol daerah lainnya baik itu dodol Garut maupun dodol dari daerah kawasan Jawa Barat lainnya.


Ada cerita tersendiri dengan dodol khas Bekasi, dimana kebetulan salah satu pengusahanya Bang Nian yang berprofesi sebagai penyiar radio dangdutnya orang Bekasi adalah juga seniman Lenong dan MC di banyak acara tradisional khas Betawi di Bekasi, baik kota maupun kabupaten.


Dodol Betawi, khususnya Dodol Khas Bekasi Bang Nian, merupakan makanan tradisional khas Jakarta atau orang Betawi yang sering dijumpai dalam perayaan HUT DKI Jakarta, dan kini melebar ke wilayah Jabodetabek.


Tahukah Anda bagaimana asal-usul dodol Bekasi yang sesungguhnya juga seribg disebut Betawi orang Bekasi?

Terlepas dari polemik mana yang lebih dulu dodol Betawi atau dodol Bekasi, maka itu diperlukan kajian khusus sejarah darimana asal usul Bekasi itu sendiri.

Namun sejatinya sejak zaman penjajahan Belanda dimana orang Betawi yang tinggal di kaeasan Batavia yang kemudian diubah namanya menjadi Jayakarta dan melebar wilayahnya memasuki wilayah Jawa Barat, termasuk salah satunya Bhagasasi atau Bekasi.


Maka sejak saat itulah budaya dan makanan khas tradisional Betawi melebar di wilayah Jawa Barat. Apalagi asimilasi budaya dan kuliner antara Jawa Barat serta Jawa Tengah sudah terjadi sejak rattsan bahkan ribuan tahun sejak zaman kerajaan kuno.

Dodol Betawi yang mendominasi kekhasan dodol Bekasi adalah makanan tradisional yang bertekstur kenyal dan rasanya manis, serta dimasak selama 8-12 jam.

Makanan ini dibuat dari bahan dasar gula aren yang dimasak bersama kelapa, santan kelapa, tepung ketan, dan rempah-rempah.


Selama proses pembuatan, dodol harus terus diaduk guna mencegah gula tidak menggumpal. Dodol Betawi khas Bekasi selanjutnya kita sebut sebagai dodol Bekasi biasanya dituangkan ke dalam wadah atau loyang, kemudian didiamkan hingga mengeras sebelum dipotong-potong menjadi bentuk yang diinginkan.

Makanan ini tidak hanya populer di Jakarta, Bekasi tetapi juga di wilayah-wilayah lain di seluruh pulau Jawa bahkan Indonesia.


Setiap daerah memiliki variasi dodolnya sendiri dengan bahan dan cita rasa yang berbeda, seperti dodol Garut atau dodol Kandangan dari Kalimantan Selatan.

Makanan khas ini juga punya nama lain di beberapa daerah. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur misalnya, makanan yang kita kenal dengan nama dodol disebut jenang.

“Pokoknya buruan lah kemari, biar tahu gimana rasanya ngebedain makanan khas Bekasi, Dodol Bekasi Bang Nian dengan dodol lainnya. Mumpung ini hari terakhir festival jajanan tradisional yak?!” ajak Bang Nian kepada semua pembaca BksOL mengakhiri. [■]

1 Comments

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

  1. Emang DODOL bang nian mah..😂😂😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner