contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Masjid Al-Ihsan Terbaik dalam Pelaksanaan I'tikaf Jemput Lailatul Qadar

banner

Masjid Terbaik dalam Pelayanan dan Kebersihan se-Kota Bekasi & Tak Kurang 50 Jamaah setiap Sholat 10 Hari Terakhir.

bekasi-online.com, Kamis 13 April 2023, 01:53 WIB


Melihat jumlah jamaah sholat Shubuhnya dibanding kapasitas masjid terbaik hingga lebih 5 shaf sehingga dalam pelayanan ittikaf 10 hari terakhir Ramadhan 1444 H di kota Bekasi jatuh pada masjid jami' Al Ihsan, Jakapermai Bekasi Barat yang terbaik (Foto: DikRizal)

JAKAPERMAI, bksOL -  Tim kerja penilaian masjid pelaksana tarawih dan i'tikaf sekota Bekasi menyebar di beberapa masjid jami'e yang mengadakan program i'tikaf mulai dari hari pertama bulan puasa pada penilaian awal secara terbuka lalu dilanjutkan dengan sistem penilaian tertutup difokuskan pada 10 hari terakhir Ramadhan.


Baca juga: Bukber Keluarga Besar Pasien Hemodialisa (Cuci Darah) di RS Ananda Khusus Pasien BPJS Difasilitasi Bacaleg PKS


Kegiatan Sholat Zhuhur berjamaah rutin, sedikitnya ada 3 shaf jamaah menjadi perhitungan penting buat penilaian kemakmuran masjid di kota Bekasi. (Foto: DikRizal)


Dari beberapa anggota tim survei yang menyebar di banyak masjid di kota Bekasi, kami memilih beberapa masjid untuk dijadikan penilaian tim kerja i'tikaf Ramadhan 2023.


Baca juga: Masjid Jami'e Jogokariyan Jogyakarta Kumpulkan Donasi Umat hingga 1M dalam 3 Hari untuk Beli KAPAL SELAM


Kegiatan berbuka puasa bersana di masjid Al Ihsan Jakapermai di awal bulan Ramadhan 1444 H atau pertengahan Naret 2023 M (Foto: Tim bksOL)


Baca juga: Dimanakah Masjid Jami'e Tempat Sholat Iedul Fitri Jumat tgl 21 April 2023 nanti di Jakarta dan Kota Bekasi? Ini Daftarnya


Dalam penilaian kami lakukan secara sembunyi dan setiap anggota tim kerja survei hanya merekam kegiatan baik dengan foto maupun video ataupun interviu langsung dengan jamaah atau pengurus DKM secara tertutup dan tidak diketahui oleh narasumber bahwa hasil wawancara akan menentukan penilaian masjid terbaik.


Baca juga: Bacaleg Ini Mengisi Tausiyah Tarawih tentang Kaitan Bulan Suci Ramadhan dengan Mustajabnya Doa Saat Berpuasa


Masjid At Taqwa RW 10 Kelurahan Arenjaya Perumnas III Bekasi Timur


Baca juga: Tabayyun, Cara Bedakan Berita Hoax dengan Fakta Agar Kita Tak Salah Ambil Keputusan Kritis dalam Hubungan Sosial 


Masjid Jami'e yang terpilih untuk dijadikan obyek observasi pelaksanaan i'tikaf selama bulan ramadhan adalah sebagai berikut:

  1. Al Muhajirin, Jl. Akasia, Durenjaya
  2. Al Ikhlash, Durenjaya
  3. At Taufiq, Durenjaya
  4. Al Istiqomah, Durenjaya
  5. Al Barkah, Margajaya
  6. Nurul Islam, Islamic Center
  7. Al Mubaarok, Jl. Dewi Sartika
  8. Al Muhajirin, Jl. Ciremai, Perumnas II
  9. At Taqwa, Harapan Baru Regency
  10. Al Makmur, Lapangan Serbaguna Bekasi
  11. Al Bayaan, Jl. Raya Underpass Durenjaya
  12. At Taqwa, Perumnas III Arenjaya
  13. At Taqwa, Kayuringin, Terminal Damri
  14. Masjid Modern Al-Ihsan, Jakapermai
  15. Masjid Al-Muslimun, Jl. Sultan Agung
  16. Masjid Al-Mabrur, Jl. Pemuda Kranji


Baca juga: Bacaleg Ini Pimpin Khataman Al-Quran Para Santri Usia 50 Tahun Lebih Menjemput Berkah Keutamaan Lailatul Qodar


Berikut petikan perjalanan tim kerja selama hampir sebulan penuh lakukan i'tikaf dengan diam-diam untuk mengamati masjid yang jadi target observasi.


Baca juga: Presiden Jokowi Berikan Ucapan Selamat kepada Heikal Safar karena Berhasil Undang Anies Baswedan ke Kota Bekasi


Baca juga: Yuk ikutan Polling untuk Mengetahui Siapa Calon Walikota Bekasi 2024

  Langsung klik link foto berikut:  
Tentukan Walikota pilihan yang Anda kenal untuk kebaikan Kota Bekasi


Baca juga: Heikal Safar Goncang Kota Bekasi dengan Datangkan Anies Baswedan bertemu Pendukungnya di Kota Bekasi


Perjalan awal pekan bulan Ramadhan jatuh pada pertengahan akhir bulan Maret 2023 dimana tim bekerja di awal bulan Sya'ban sebelum Ramadhan untuk mensurvei masjid yang sudah terbiasa melakukan kegiatan rutin seperti Jumat Berkah atau Buka Puasa Bersama Senin Kamis. Tim secara khusus disebar untuk mencari setiap masjid yang menghidupkan aktivitas sunnah seperti masjid Nabawi di Medinah Al Munawaroh.


Baca juga: Bacaleg Ini Beri Tausiyah Kultum Depan Pejabat Penting Parpol di Wisma Habibie & Ainun Patra Kuningan Jaksel


Masjid Jami' Al Ihsan yang dalam satu waktu sholat Shubuh penuh jamaah hingga 5 shaf ke belakang  bulan Ramadhan 1444H i'tikaf 10 hari terakhir mengejar Lailatul Qodar (Foto: Tim-bksOL)


Lalu 2 pekan lewat setelah peristiwa itu, tim bksOL menginap di masjid Al-Ihsan Jakapermai, Bekasi Barat. Setelah 2 hari i'tikaf di masjid ini, di hari kedua ketika jelang jam 10 malam, setelah jamaah selesai sholat Isya' dan hendak tidur, tanpa kita semua sadar salah satu rekan wartawan tetiba panik karena HP nya menghilang.


Baca juga: Bacaleg Artis Komedian Ngetop 80an Ini Beri Tausiyah Depan Warga Durenjaya Bekasi Timur Tanpa Bermaksud Kampanye


KH Mumtaz Muchtar, MA ponpes Annur Bekasi Utara, mengisi tausiyah di Masjid AlMuhajirin saat Acara Santunan Yatim, Dhuafa dan Ibnusabil, Sabtu 15/4/23 (Foto: tim-bmw)

Kami semua seperti terhipnotis, dan berusaha menenangkannya. Apalagi mengetahui masjid Al-Ihsan yang berada di komplek perumahan menengah atas ini ada fasilitas CCTV, tim meyakinkan dia bahwa jika memang HP nya hilang dicuri bisa dilihat nanti melalui rekaman CCTV keesokan pagi dan bisa ditanyakan pihak DKM (dewan kemakmuran masjid).


Paling tidak bisa dibantu pihak sekuriti DKM Al Ihsan. Lalu kami pun semua mulai tidur memejamkan mata. Dan kami yakin, salah satu dari kami ada yang tidak bisa tidur.

Tausiyah Ibadah Tarawih di masjid Al Ihsan Jakapermai, Bekasi Barat hari ke 25 malam Ramadhan jamaah penuh berittikaf mengejar Lailatul Qadar pada Ahad (16/4/23) (Foto: DikRizal)

Dan tiba waktunya qiyamul lail, tim dibangunkan tidur oleh marbot masjid untuk sekalian persiapan sahur. Teman saya yang dari tadi gak bisa tidur malah kini masih asik tidur.

Setelah dibangunkan dan nyawanya belum terkumpul semua kami tinggalkan dia untuk berwudhu dan ketika kami kembali dia pun berangkat wudhu. Lalu kami pun sholat qiyamul lail empat rakaat dua salam.



Jama'ah Masjid Al-Muhajirin tergabung dalam majelis ta'lim dan komunitas anak yatim Durenjaya Bekasi Timur Sabtu 15/4/23 (Foto: tim-bmw)

Setelah selesai qiyamul lail tak lama pihak marbot mulai membagikan nasi kotak sahur sebagian dari mereka yang selesai bangun tidur sisanya diberi nasi bungkus untuk sahur mereka.

Selesai kami makan sahur teman saya didekati marbot masjid Al-Ihsan dan ditepuk bahunya lalu tanpa diduga HP nya yang dikembalikan, tak lupa sang marbot mengingatkan agar mencas batere jangan ditinggal tanpa pengawasan.

Awalnya itu yang tim survey dapatkan kabarnya. Namun beberpa hari kemudian, didapat kabar bahwa sebenarnya yang terjadi adalah, HP nya bukan dikembalikan, melainkan diganti dengan HP milik sang marbot yang bernama Aldi. Kebetulan dia punya 2 buah HP, karena kasihan dan peduli pada rekan kami yang kebetulan juga berprofesi sambilan sebagai driver ojol (ojek online) jadi gadget HP adalah satu hal yang sangat penting. 

Pokok masalahnya adalah kerelaan si marbit memberikan HP nya kepada rekan kami ini lah yang harus dipuji dan menunjukkan kemuliaan akhlaq.


Wajah teman saya kembali ceria mendadak. Wajar jika masjid Al-Ihsan Jakapermai termasuk yang TERBAIK dalam penilaian KEMAKMURAN, KERAMAHAN dan KERAMAIAN jamaahnya di seluruh kota Bekasi, khususnya pada acara I'tikaf sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan 1444 H.

Dan itu karena mempunyai marbot yang jujur, amanah, dan ramah seperti marbot rambut cepak yang tak bisa kami sebutkan  namanya, karena belum izin langsung ke dirinya.

Melihat jumlah jamaah sholat Shubuhnya dibanding kapasitas masjid terbaik hingga lebih 5 shaf sehingga dalam pelayanan i'tikaf 10 hari terakhir Ramadhan 1444 H di kota Bekasi jatuh pada masjid jami' Al Ihsan, Jakapermai Bekasi Barat yang terbaik (Foto: DikRizal)

Ada tambahan riwayat tentang betapa Masjid Modern Al Ihsan Jakapermai mengutamakan Masjid Makmur, Ramah, Berkah dan Melimpah seperti dengan mottonya yang terpampang di tembok masjid. Salah satunya adalah ketika ada jamaah masjid yang kehilangan HP dan terbukti melalui penyelidikan oleh pihak DKM maka HP tersebut akan diganti oleh pihak Masjid.

Bayangkan, betapa friendly nya masjid terhadap jamaah! Pengurus DKM yang memberikan informasi menyampaikannya dalam pesan whatsapp tentang kejadian itu setelah tim menyatakan pelayanan di masjid itu amat baik kepada jamaah, "Alhamdulillah jika dinilai seperti itu...
Tapi kami pengurus (DKM) merasa biasa biasa saja...!" balas chat H.EH salah satu pengurus DKM Al Ihsan melalui pesan WA.

Dia menambahkan, "HP yang hilang diganti dengan dana masjid. Berapa harga belinya lalu kami ganti sejumlah uang dan melebihkannya."

Masyaa Allah... bagus banget pelayanannya kepada jamaah. Pantas berkah melimpah.

Sementara itu HP tim kami pernah hilang di satu masjid di jl. Dewi Sartika, sekitar enam bulan lalu dan sampai sekarang tidak diganti oleh pihak DKM masjidnya.

Malah pihak DKM setelah melihat rekaman CCTV menyalahkan anggota tim kami walau dengan dalih beri nasihat, "Makanya pak, masjid itu tempat ibadah. Bukan tempat ngecas HP...!"

Waduh!?

Katanya lagi, "Masak ngecas HP ditinggal sholat!?"

Tim kami kecewa, apalagi dalam CCTV jelas pencurinya mengambil saat kami sholat Zhuhur berjamaah. Selesai sholat malingnya tanpa dzikir (emang ada maling berdzikir dulu kalau mau mencuri?) langsung bergerak mencuri HP anggota tim kami yang dicas dan diletakkan di atas kulkas masjid.

Lalu kata ketua DKM setelah melihat video CCTV itu "Dilihat dari pakaiannya, malingnya bukan jamaah mukim dekat masjid kami Pak?"

"Darimana dia tahu bukan jamaah, kan sholat zhuhur bareng. Selesai sholat dia gak dzikir tapi langsung ke tempat HP saya dicas! Lalu dia keluar masjid memutar dan lewat pintu samping, bukan pintu utama?" ujar anggota tim kami.

"Karena dia pakai celana dan jaket. Bukan sarung. Jadi pasti bukan warga sekitar masjid," kata ketua DKMnya lagi.

Setelah lihat fakta itu, ketua DKM gak juga mengganti HP anggota tim kami, malah berkesan menyalahkannya.

Dan pihak DKM gak juga memberikan peringatan waspada barang berharga secara rutin di speaker atau toa bagian dalam buat para jamaah seperti masjid Al Ihsan. 

Innalillahi wa innailaihi raajiuun. Semoga tak ada lagi pelayanan masjid sepeeti itu di kota Bekasi.

Pelayanan Terbaik karena banyak hal.


Apresiasi khusus buat para relawan yang telah bekerja keras membuat pelaksanaan i'tikaf Masjid Modern Al-Ihsan menjadi terbaik di Kota Bekasi pada 20/4/23 (Foto: DikRizal)

Dari pengalaman tim kerja wartawan selama i'tikaf di beberapa masjid di kota Bekasi, sepertinya Ramadhan 1444H di tahun 2023 ini MASJID TERBAIK PELAYANANNYA kepada jamaah di seluruh KOTA BEKASI adalah masjid jami'e sebagai berikut:

1. DKM Modern Al-Ihsan, Jakapermai.
2. DKM Al-Azhar, Jakapermai, Kalimalang
3. DKM At-Taqwa, Harapan Baru Reń£ency

Apresiasi khusus buat para relawati para ibu-ibunjamaah yang telah bekerja keras membuat pelaksanaan i'tikaf Masjid Modern Al-Ihsan menjadi terbaik di Kota Bekasi pada 20/4/23 (Foto: DikRizal)


Penilaian diberikan oleh tim karena beberapa faktor yakni:
  1. PROGRAM IBADAH - Worship program
  2. KEBERSIHAN - Sanitary & Cleanliness
  3. KERAMAHAN - Hospitality
  4. PELAYANAN - Service
  5. KAPASITAS JAMAAH - Occupancy
  6. BAITUL MAL - Treasury
  7. PEROLEHAN ZIS - Acquisition of Z.I.S.
  8. LAHAN PARKIR - Parking lot
  9. KEAMANAN - Security

Masjid Jami' Al Ihsan yang dalam satu kajian menampilkan pemberi tausiyah remaja cilik penghapal Quran pada satu waktu setelah sholat Shubuh berjamaah bulan Ramadhan 1444H (Foto: Tim-bksOL)

Penilaian masjid terbaik ini bersifat bebas dan independen dan tidak terkait dengan pihak manapun termasuk parpol apalagi kampanye tokoh politisi. Penanggung jawab tim survei, DikRizal. Jurnalis Senior pelaku i'tikaf rutin, dengan anggota tim terdiri dari beberapa anggota wartawan yang ikut melakukan i'tikaf. [■]

TimReportase: bksOL

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner