contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Nonton Piala Dunia U20 Bukan Budaya Kita. Budaya Kita Itu Bukber.

banner

Ketika Bukber di Bulan Ramadhan  Dilarang, Tapi Perhelatan Besar Pernikahan Anak Pejabat Dibiarkan

bekasi-online.com, Senin 3 April 2023, 21:44 WIB, DikRizal


Buka Puasa Bersama di Masjid Al Ihsan, Jakapermai, Bekasi Barat yang jadi kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan, Senin 3/4/2023 (Foto: DikRzl)

JAKARTA, bekasiOL -- Bulan Ramadhan adalah bulan keberkahan, bulan digandakannya pahala amal sholeh dan bulan dimana setanpun dirantai serta dikerangkeng agar tidak menggoda manusia.


Baca juga: Masjid Al-Ihsan Jakapermai Masjid Terbaik dalam Pelaksanaan I'tikaf 10 Hari Terakhir Ramadhan Jemput Lailatul Qadar


Bulan dimana memberi makan orang yang berpuasa akan dilipatgandakan pahalanya berlipat-lipat jika dibandingkan pahala memberi makan shoiman (orang berpuasa) di bulan lainnya. Pada kesempatan itu lah orang yang diberi Allah dengan kelebihan rezeqi berlomba-lomba bershadaqah dengan memberi makan orang yang berpuasa di saat BUKBER (buka puasa bersama).


Lihat juga: Masjid Jami'e Jogokariyan Jogyakarta Kumpulkan Donasi Umat hingga 1M dalam 3 Hari untuk Beli KAPAL SELAM


Dan hal itu biasanya diadakan di masjid-masjid jami'e atau di manapun tempatnya yang luas dan bisa dihadiri puluhan bahkan ratusan jamaah yang berpuasa. Harapannya mendapat balasan pahala dari semua orang yang berpuasa dengan makanan dan minuman yang diberikannya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.


Lihat juga: Yusril Ihza Mahendra Peringatkan Pemerintah Jokowi Cabut Surat Edaran Seskab yang Melarang Bukber Puasa


Menjadi sangat aneh, ketika pemerintah justru mengeluarkan larangan berbuka puasa bersama di masjid ataupun tempat umum lainnya, baik di kaantor instansipemerintah maupun bukan. Meskipun belakangan akhirnya Presiden Joko Widodo memberi penjelasan setelah Surat Edaran dari Sekretaris Kabinet (Seskab),yang ditandatangani Pramono Anung secara rahasia telah beredar untuk ditindaklanjuti oleh Kemendagri. Namun pada akhirnya hal itu malah jadi bola liar yang terlambat untuk diatasi efek pemberitaannya.


Lihat juga: DPD RI DKI, Bang Dai Buat Acara Bukber Keluarga Besar PASKI & Tarawih Berjamaah Tak Peduli Larangan Pemerintah 


Bukber di pendopo Masjid Al Muhajirin, Durenjaya yang juga jadi kegiatan rutin DKM Al Muhajirin Perum Durenjaya, Bekasi Timur Ramadhan 1444 H (Foto: DikRiz)


Akhirnya apa? Kebijakan itu justru banyak dipertanyakan oleh tokoh penting termasuk Yusril Ihza Mahendra sendiri yang meminta agar SE No. itu harus segera ditarik karena bisa menimbulkan gesekan dan kesalahpahaman seolah pemerintah Jokowi berkesan sangat anti Islam.


Komika bahas penanganan covid19

Keramaian Nonton Bola di bulan Suci Ramadhan dibolehkan bahkan diusahakan agar Penyelenggaraan Piala Dunia U20 nya di Indonesia. Masak keramaian jamaah berbuka puasa bersama dilarang? Kan aneh banget, ujar DikRizal komika yang juga berkeliling dari satu masjid ke masjid lain untuk ittikaf di saat Ramadhan maupun di bulan lainnya.


Lihat juga: Bekasi Mengaji 2 Mengajak Warga Biasakan Membaca Al-Quran Sebagai Pengisi Waktu Luang Sehari-Hari


Bukber yang diikuti sekaligus sholat Maghrib, Isya dan tarawih berjamaah di rumah tokoh dewan anggota DPD RI dari DKI Jakarta, Dailami Firdaus, Ahad 2 April 2023 (Foto: DikRiz)


Bahkan tak jarang warga serta siapapun dia selama ada kepedulian terhadap mereka yang berpuasa, tak boleh ada larangan untuk memberikan takjil atau nasi kotak untuk berbuka puasa kepada masyarakat umum di jalan-jalan.


Baca juga: Miing Bagito: Ini Bukan Kampanye, Tapi Ini Peringatan Nuzulul Quran dengan Saudara Muslim


Seperti yang dilakukan relawan BMW membagikan kotak makanan untuk mereka yang akan berbuka puasa di pinggir jalan raya secara bebas kepada pengendara mobil maupun motor yang lewat.


Formulir Kemitraan
LOC of USA






Relawan BMW (Bareng Mas Wiwit) Bagikan Kotak berisi Takjil Ifthar (Buka Puasa) ke pengendara mobil motor di Jl. Durenjaya 2 April 2023

Baca juga: Heri Koswara Berkeinginan Memajukan Seni Qasidah ke Tingkat Dunia sebagai Musik Protokoler Kenegaraan


Daftar Tempat Bukber yang mendapatkan Takjil Gratis dan juga Nasi Kotak.

  • Masjid Al Ihsan - Jaka Permai, Bekasi Barat
  • Masjid AtTaqwa Harapan Baru Regency, Bekasi Barat
  • Masjid Nurul Islam, Islamic Center, Margajaya, Kota Bekasi,
  • Masjid Al Muhajirin Perumnas I, SMAN 2, Bekasi Selatan, Kota Bekasi,
  • Masjid Al Muhajirin Perum Durenjaya, Bekasi Timur,
  • Masjid Al Bayaan, Jl. Underpass Durenjaya, Bekasi Timur,
  • Masjid Al Makmur, Lapangan Serbaguna depan Ramayana Dept Store, Bekasi Timur,
  • Masjid Agung Al Barkah, Jl. Pramuka Alun-Alun Kota Bekasi,
  • Masjid Jaami'e Al Mubarok, Jl. Dewi Sartika, Bekasi Timur,
  • Masjid Jami Al Azhar Yayasan A Muhajirin, JakaPermai, Bekasi Barat,
  • Dan banyak lagi masjid lainnya di seluruh wilayah Kota Bekasi.


Lihat juga: Narkoba Bukan Budaya Kita. Budaya Kita Mengajak Orang Sucikan Ramadhan dengan Jihad Perangi Ketergantungan Narkoba


Siapa saja yang mau bershodaqoh untuk berbuka puasa kaum muslim yang berpuasa, bisa menyumbangkan donasinya melalui transfer ke rekening Yayasan Amal Jariyah NSKR via BCA #6240486910 atas nama Nur Sidik KelanaRizal dan konfirmasi transfer wa.me/+6281283745354


Lihat juga: Apakah Harta Kekayaan Anda Sudah Memenuhi Nishabnya Untuk Dikeluarkan Zakat Maalnya Tahun Ini? 


Jenis shodaqoh bisa shodaqotul jariyah shubuh atau Shodaqoh untuk takjil IFTHAR (Berbuka Puasa) atau SAHUR bagi para ibnu sabil, anak yatim dan kaum dhuafa serta para muslim yang ittikaf di masjid selama bulan Ramadhan di beberapa masjid se-Kota Bekasi. [■]

Reportase: DikRiz, Editor: NurMuhammad


Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner