contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Mana Ada Masjid yang Makan Berjamaah Setiap Bulan Kecuali Al-Ihsan

banner

DKM: Kalau Bisa Setiap Bulan Warga Bisa Menikmati Makan Berjamaah di Masjid Modern Al-Ihsan Jakapermai

bekasi-online.com, Sabtu 6 Mei 2023, 19:30 WIB by DIKRIZAL


DKM Al Ihsan dengan Dewan Syuro Masjid Al Ihsan berhalal bi halal dengan jamaah, menikmati sop & gulai kambing, Sabtu 6/5/23 (Foto: DikRiz)

JAKAPERMAI, bksOL -- Jumat Berkah dimana banyak masjid di Kota Bekasi, Depok dan Jakarta yang menyediakan makan siang berupa nasi kotak bagi para jama'ah sholat, itu sudah biasa dan warga masyarakat pun banyak yang tahu.


Lihat juga: Bekasi Mengaji 2 Mengajak Warga Biasakan Membaca Al-Quran untuk Mengisi Waktu Luang Sehari-Hari Ide Bacaleg PKS Ini


Di Kota Bekasi yang banyak warganya kaum urban pendatang dan pekerja di segala lapisan strata sosial juga banyak mengetahui kebiasaan beberapa masjid jami'e yang berkonsep layanan modern namun tidak lalai menghidupkan sunnah nabi dalam ritual peribadatan dan menjauhi bid'ah.


Baca juga: Ustadz Heri Koswara, Calon Walikota Bekasi Isi Ceramah Tarawih di Masjid Modern Al-Ihsan Jakapermai Kota Bekasi


Taruhlah seperti masjid Al Muhajirin Perumnas II yang biasa menyediakan takjil dan kadang nasi kotak untuk para jamaah yang berpuasa Senin Kamis saat Maghrib tiba. Demikian pula Masjid At Taqwa Harapan Baru Regency Bekasi Barat, menyediakan nasi kotak buat jamaah sholat Jumat setelah selesai Jumatan di samping Senin Kamis buat berbuka puasa.


Baca juga: Bacaleg Ini Mengisi Tausiyah Tarawih tentang Kaitan Bulan Suci Ramadhan dengan Mustajabnya Doa Saat Berpuasa


Juga tak jarang sarapan setelah sholat Shubuh selain hari Senin Kamis, berupa ubi rebus, pisang goreng atau kacang rebus dengan teh panas atau kopi panas. Sambil mereka ngopi atau ngeteh para jamaah membaca AlQuran hingga tiba waktu syuruq jika tak ada kajian ba'da Shubuh.


Baca juga: Bukber Keluarga Besar Pasien Hemodialisa (Cuci Darah) di RS Ananda Khusus Pasien BPJS Difasilitasi Bacaleg PKS


Pergi berangkat Umroh dengan biaya memadai dan pengalaman sejak 2003 dengan jaminan aman, Ummu Abdullah


Hal ini berbeda sedikit dengan yang biasa berlaku di Masjid Al Azhar Jakasampurna Kalimalang, atau Masjid Nurul Islam, di Komplek Islamic Center di jantung Kota Bekasi dan juga banyak masjid lainnya yang tak bisa disebut satu per satu kecuali yang biasa dikunjungi oleh tim redaksi bekasiOL.


Baca juga: Bacaleg Ini Pimpin Khataman Al-Quran Para Santri Usia 50 Tahun Lebih Menjemput Berkah Keutamaan Lailatul Qadar


DKM setiap masjid tersebut juga menghidupkan sunnah masjid Nabawi di Madinah AlMunawaroh dengan memberi makan para jamaah dan warga sekitar masjid ataupun para musafir yang mampir ke masjid, sebagai bukti berkah dan makmurnya masjid.


Baca juga: Masjid Al-Ihsan Jakapermai Masjid Terbaik dalam Pelaksanaan I'tikaf 10 Hari Terakhir Ramadhan Jemput Lailatul Qadar


Jamaah Masjid Modern Al Ihsan Jakapermai antri menikmati sajian sop & gulai kambing di acara Halal Bi Halal Masjid Al Ihsan, Sabtu 6/5/23 (Foto: DikRiz)


Baca juga: Heikal Safar Kandidat Calon Walikota Bekasi Tak Peduli Fitnah Black Campaign Tetap Kunjungi Habib Rizieq


Ada pula di Masjid An Nur Pulogebang Permai, di samping Jumat berkah pasca sholat Jumat, DKM juga menyediakan makan berjamaah setiap malam Jumat ba'da Maghrib dengan tadarussan membaca AlQuran, Suratul Kahfi hingga menjelang sholat Isya berjamaah.


Baca juga: Masjid Jami'e Jogokariyan Jogyakarta Kumpulkan Donasi Umat hingga 1M dalam 3 Hari untuk Beli KAPAL SELAM


Ba'da sholat Isya para jamaah menikmati makan malam yang sudah disediakan sedikitnya sampai 50 piring nasi dan sate atau lauk sayur lainnya beserta buah-buahan.


Baca juga: Ditanya tentang Cawalkot Bekasi, HerKos: Pemimpin yang Dipilih itu Tergantung Bagaimana Karakter Rakyatnya yang Dipimpin


Antrian makan sop & gulai kambing jamaah masjid modern Al Ihsan Jakapermai, Sabtu 6/5/23 (Foto: DikRiz)



Lain halnya di Masjid Modern Al Ihsan Jakapermai yang bulan Ramadhan lalu mendapat gelar Masjid Terbaik Se Kota 1 dalam Pelayanan Jamaah I'tikaf 10 Hari Terakhir Ramadhan, kali ini menyediakan makan-makan prasmanan bagi warga dan jamaah masjid serta para santri tahsin dan pengurus DKM, yang rencananya akan secara rutin diadakan.


Baca juga: Tabayyun, Cara Bedakan Berita Hoax dengan Fakta Agar Kita Tak Salah Ambil Keputusan Kritis dalam Hubungan Sosial 


Dimana kali ini khusus untuk Halal bi Halal dengan seluruh jamaah pasca sepekan lebih Liburan Lebaran Idul Fitri, setelah kajian Tafsir AlQuran yang ditayangkan secara langsung di Youtube, Sabtu 6/5/2023.



Baca juga: Masjid sebagai Pusat Peradaban dan Pusat Pemerintahan adalah Satu Keniscayaan Semoga Dimulainya dari Bekasi


Setelah selesai jamaah sholat Maghrib jamaah langsung mengikuti kajian tafsir Quran lalu diakhiri dengan sholat Isya berjamaah, barulah puncak acaranya makan bersama dengan gulai dan sop kambing. Di tengah acar makan Ketua DKM Ali Rahman Latief yang akrab dipanggil pak Iman sempat melempar pertanyaan ke jamaah dengan nada bercanda,

"Bagaimana kalau makan-makan gulai dan sop kambing kayak gini setiap bulan diadakannya bapak-bapak, ibu-ibu?" tanyanya sambil mengeraskan suara, namun lebih ditujukan kepada jamaah para ibu-ibu.


Baca juga: Bacaleg Artis Komedian Ngetop 80an Ini Beri Tausiyah Depan Warga Durenjaya Bekasi Timur Tanpa Bermaksud Kampanye


Jamaah masjid Al Ihsan asik menikmati Sop & Gulai Kambing acara Halal bi Halal Sabtu 6/5//23 (Foto: DikRiz)


Langsung disambut dengan tawa dan teriakan senang para ibu-ibu, "Mau aja Pak Ustadz....!!", "Mau banget lah pak Iman!?" "Asiik, makan-makan daging kambing tiap bulan!"


Baca juga: Bacaleg Ini Pimpin Khataman Al-Quran Para Santri Usia 50 Tahun Lebih Menjemput Berkah Keutamaan Lailatul Qadar


Terdengar celetukan suara bapak-bapak dengan nada sedikit sewot, "Ibu-ibu sih senang... kan yang keluarin duitnya buat isi kotak amal, tetap bapak-bapak...!" yang disambut tawa sesama jamaah lainnya. Sayang suaranya kurang keras didengar jamaah lainnya. Kalau sampai terdengar pasti satu masjid tertawa semua.


Baca juga: Ada Apa dengan Plt Walikota Bekasi di Acara Bekasi Bersholawat GOR (Gelanggang Olahraga Chandrabaga)?


Satu jamaah masjid modern Al Ihsan, pak Edi yang dalam proses penyembuhan dari sakit syaraf kejepit, bisa menikmati gulai kambing di acar halal bi halal masjid Al Ihsan Sabtu 6/5/23 (Foto: DikRiz)


Seorang jamaah bapak-bapak yang sedang dalam proses penyembuhan sakit syaraf kejepit, sebut saja namanya pak Edi, mengatakan, "Kalo sampai makan enak setiap bulan, berarti halal bi halal sepanjang tahun dong. Kalau saya sih yang penting bisa enak tidur!" ujarnya sambil senyum, dan disambut candaan temannya yang nambah gulai kambing sampai dua kali, "Enak tidur karena kenyang ya Pak?" Dan mereka pun tertawa bersama. Ya ampun bahagia banget nampaknya.


Baca juga: Mantan Calon Walikota Bekasi Awing Asmawi Cerita tentang Kampung Sawah, Dont Judge The Book by It's Cover 


Ketua DKM pak Iman berprinsip, makan-makan berjamaah insya Allah akan mudah dan berkah. Itu yang membuat masjid ini semakin hari semakin berkah dan makmur.


Wajar saja jika masjid ini semakin hari semakin bertambah jamaah dan muzakki (pembayar zakat) nya karena kemakmuran masjid berdasarkan kebersamaan dan kemudahan bagi semua jamaahnya tanpa kecuali.


Anda tak akan menjumpai lagi masjid-masjid yang mengutip kotak amal di tengah jalan raya demi sumbangan para pejalan kaki atau pengendara mobil dan motor yang melewati masjid, sementara jika ada musafir dalam perjalanan yang hendak sholat Isya kemalaman atau menginap di masjid, masjid terkunci bagi para pendatang.


Aneh sekali. Ketika butuh sumbangan untuk pembangunan masjid mereka membuka kotak amal buat semua pejalan kaki atau pengendara yang melewati jalan di depan masjid, tapi ketika ada pejalan kaki atau musafir, pintu masjid ditutup? Itu tidak akan terjadi di Masjid Modern Al Ihsan Jakapermai. Insyaa Allah kata pak Arif, salah seorang jamaah rutin masjid Al Ihsan kepada bksOL.


Di lain waktu H. Emli Hasan selaku perwakilan DKM menyampaikan dalam pesan singkatnya via WA, "Masjid makmur itu karena Pengurus atau DKM mau membuat program kegiatan yang bersifat tetap."


Setiap ada program kegiatan baik itu ibadah kepada Allah maupun ibadah sosial pasti akan didukung oleh jemaah. Kami di Al Ihsan tidak pernah menumpuk uang infak dari jemaah tapi uang itu kami kembalikan kepada Jamaah dalam bentuk pelayanan kebutuhan fakir miskin, tanpa melupakan layanan makan-makan bersilaturahim dengan sesama warga, jamaah dan pengurus masjid.


Lebih jauh lagi H. Emli Hasan menambahkan, "Dari Jama'ah untuk Jama'ah, kami hanya membuat program dan melayani. Jika itu dianggap baik, ya Alhamdulillah." [■]

Reporter: ErwinPutra, Redaksi:  SidikRizal


Sayang sekali kenapa banyak sekali orang menghilang? Terutama hilang dari masjid setelah Ramadhan. Terakhir terihat pas ketika shalat Idul Fitri, bahkan Syawalan aja gak kelihatan?


BekasiOL sendiri mendapat undangan tertulis sejak 2 hari lalu melalui whatsapp, berikut isi undangannya.

Bekasi, 4 Mei 2023

Assalamualaikum wr wb

Kepada ykh:

  1. Majelis Syuro Al-Ihsan
  2. Segenap Pengurus DKM Al-Ihsan Jakapermai.
  3. Para muhsinin dan muhsinat.
  4. Para Ketua RT di lingkungan RW 06B
  5. Ketua RW 06B Jakapermai dan perangkat.
  6. Sahabat dan sohabiyah Al-Ihsan.
  7. Remaja Masjid Al-Ihsan
  8. Muslimat dan Tahsin Al-Ihsan.

_______________

Semoga kita semua selalu dalam rahmat dan ridho Allah swt.

Dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu shalat semuanya hadir dalam pembukaan kajian dan halal bihalal yg insya Allah diadakan pada:

  • Hari: Sabtu malam Ahad
  • Tanggal: 6 Mei 2023
  • Waktu: Pkl 18.00 ( bada magrib)
  • Tempat: Masjid Al-Ihsan Jakapermai.
  • Acara: Pembukaan Kajian, Halal Bihalal dan Ramah Tamah.

(disiapkan makan malam)

Demikian undangan kami sampaikan atas kehadirannya dihaturkan terimakasih.

Berjamaah insya Allah akan mudah dan berkah.

Assalamualaikum wr wb.

DKM Al-Ihsan Jakapermai

Ketua: Ali Rahman Latief

Sekretaris: Ahmad Jaelani



2 Comments

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

  1. Yang namanya masjid Al-Ihsan di Kota Bekasi ada banyak. Itu di Jakapermai aja masjid Al Ihsan ada 2 dan jaraknya berdekatan. Ini masjid yang mana?

    ReplyDelete
  2. SAYA mau ikutan ah i'tikaf di masjd tempatnya teman saya, Pak Sidik Rizal biasa i'tikaf. Katanya semuanya jadi serba mudah karena pertolongan Allah. Dapat makan gratis, buka puasa setiap Senin Kamis.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur BksOL

Previous Post Next Post
banner